DaerahHeadlineMalang

Masih Minim Pemerintah Berencana Tambah Jumlah Pengguna KIM Di Kabupaten Malang

Malang,mitratoday.com – Pemerintah Kabupaten Malang berencana bakal menambah jangkauan pengguna Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Malang.

Plt Kadiskominfo, M Nur Fuad Fauzi menjelaskan, penambahan jangkauan pengguna KIM tersebut dirasa perlu dilakukan, lantaran diera keterbukaan informasi, masyarakat dinilai sangat kritis terhadap kinerja pemerintah selama ini.

Menurutnya, di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih, masyarakat selalu menginginkan adanya berbagai informasi secara aktual terhadap berbagai program pembangunan pemerintah.

“Imbasnya, rasa ingin tahu masyarakat terhadap teknologi informasi sangat tinggi, karena lewat KIM ini mereka bisa mengakses segala bentuk informasi yang dibutuhkan,” kata Nur Fuad Fauzi kamis (31/3/2022)

Artinya peran KIM tersebut lanjut Fuad Fauzi dinilai sangat penting untuk mewadahi masyarakat mengelola berbagai informasi dan pemberdayaan secara luas, mandiri dan kreatif. Fuad menambahkan, saat ini di Kabupaten Malang masih sekitar 52 KIM yang tersebar di 33 Kecamatan, sementara potensi yang masih bisa digarap terdapat sekitar 390 sesuai dengan jumlah desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Malang.

Fuad menyebutkan banyak keuntungan yang didapat dari KIM tersebut, diantaranya, masyarakat bisa secara update mengetahui berbagai informasi tidak hanya program pemerintah, tapi juga merambah ke berbagai isu-isu yang ada di Kabupaten Malang.

“Kemudian, manfaat lainnya, literasi informasi yang diperoleh masyarakat akan semakin banyak dan luas termasuk didalamnya adalah pemanfaatn untuk bisnis, perdagangan, industri dan berbagai produk dan jasa. Masyarakat bisa menyalurkan aspirasi ke Pemerintah secara langsung,” beber Fuad Fauzi.

Manfaat lainnya, terang Fuad Fauzi, lewat KIM bisa menjadi filter terhadap berbagai informasi negatif dan berita hoax yang berkembang di masyarakat, terutama yang cenderung ke pemahaman radikalisme.

Kendati demikian, untuk meyakinkan masyarakat, kata Fuad membutuhkan sosialisasi secara masif sehingga masyarakat dengan mudah dapat mengakses berbagai informasi lewat KIM tersebut.

Tidak hanya revitalisasi, Diskominfo sendiri lanjut Fuad akan terjun langsung ke Kecamatan untuk memfasilitasi proses revitalisasi KIM di desa dan Kelurahan.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button