DaerahHeadlineMalang

Masjid Di Jabung Diresmikan Bupati Malang

Malang,mitratoday.com – Masjid Baituttaqwa di desa Jabung Kecamatan Jabung diresmikan Bupati Malang, HM Sanusi sabtu pagi (13/8/2022)).

Masjid Baituttaqwa itu sendiri baru saja selesai di rehab dan menghabiskan dana sekitar Rp 2,6 miliar hasil patungan warga.

“Lama pengerjaannya sekitar 14 bulan,” ujar Ketua MWC NU Jabung Syahroni. Namun meski sudah menelan anggaran besar, lanjutnya masih ada beberapa sarana yang dinilai kurang diantaranya seperti lampu penerangan dan karpet masjid.

Sementara Bupati Malang HM.Sanusi mengaku bersyukur, bahwa lewat swadaya masyarakat, Masjid tersebut dapat berdiri dengan megah meski masih ada beberapa kekurangan seperti yang diungkapkan Pengurus Masjid.

“Harus bersyukur bahwa saat ini banyak masjid megah di Kabupaten Malang. Kalau masalah kekurangan sarana lainnya itu hal wajar,saran saya perlahan bisa dipenuhi kebutuhan tersebut,” ujar Sanusi.

Kendati demikian, Sanusi mengingatkan agar dengan banyaknya masjid yang megah berdiri di Kabupaten Malang harus diimbangi dengan antusiasme masyarakat terutama kaum muslim untuk memakmurkan masjid dengan bebagai kegiatan keagamaan terutama sholat berjamaah.

Pemerintah sendiri terang Sanusi telah mengajak kaum muslimin untuk memakmurkan masjid salah satu nya lewat program safari sholat subuh berjamaah keliling yang dimulai minggu lalu. Lanjut Sanusi, bukan tanpa alasan dirinya dan Dewan Masjid Indonesia(DMI) Kabupaten Malang membuat program safari Sholat Subuh Keliling ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan salah satunya adalah Sholat Subuh berjamaah.

“Ini juga sebagai bentuk silaturahmi ulama dan umaro secara langsung ke masyarakat seperti yang diajarkan Ulama terdahulu. Artinya bangsa atau daerah bisa makmur jika ulama dan umaro nya bersatu membangun Kabupaten Malang,” terang Sanusi.

Bahkan dirinya sendiri meminta kepada semua Kepala OPD mengikuti safari sholat subuh tersebut. Hal ini lanjut Sanusi sabagai bentuk kehadiran pemerintah di masyarakat. Untuk mengajak warga, menurutnya bukan perkara mudah. Sebagai Bupati dan wakil rakyat di Pemerintahan, dirinya harus memberi contoh terlebih dahulu sebelum mengajak masyarakat.

Makanya melalui safari sholat subuh berjamaah kelililng tersebut dirinya mengajak masyarakat terutama umat muslim untuk memakmurkan masjid terutama sholat berjamaah.

“Kapan lagi akan kita lakukan jika bukan saat ini. Makanya saya mengajak semua warga terutama umat muslim di Kabupaten Malang untuk berlomba-lomba dalam beribadah terutama sholat berjamaah. Jika semua bisa dilakukan dan diamalkan, InsyaAllah cita-cita Kabupaten Malang yang makmur dapat terwujud,” pungkas Sanusi.

Terakhir usai meresmikan masjid Baituttaqwa Jabung tersebut, Sanusi merogok kocek pribadinya untuk membantu pembelian karpet masjid dan diterima Pengurus Masjid setempat.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button