ArtikelDaerahHeadlinependidikan

Merubah Kehidupan Menjadi Lebih Baik Dengan Manajemen Waktu

Penulis: Bagas Nur Wicakso Mahasiswa Universitas Pamulang

Dalam kehidupan seharusnya kita tidak melakukan hal yang sia – sia, atau membuang waktu. Seperti yang dikatakan pepatah bahwa waktu adalah emas. Hendaknya kita menjadi agen perubahan yang nyata dalam kehidupan ini, minimal bagi diri sendiri kita harus mulai belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu dengan baik agar tak terbuang dengan sia-sia dan lebih banyak waktu positif.

Manajemen waktu menjadi suatu hal yang sangat krusial di dalam hidup. Terutama bagi kita yang mempunyai kesibukan yang cukup padat, jika kita tidak pandai dalam mengatur waktu maka tidak bisa semua aktivitas yang kita lakukan dapat maksimal. Dengan disiplin waktu, kita akan dapat mengatur agenda harian yang ada, dan pastinya semua pekerjaan yang ada dapat terselesaikan dengan baik dan maksimal.

Masih banyak di antara kita yang mungkin selama ini waktunya terbuang dengan sia-sia. Membuang waktu ini sama saja membuang banyak kesempatan dan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Hal ini tentu sangat menjadi perenungan bagi diri sendiri.

Berikut beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam mengatur waktu dengan baik. Yang pertama yaitu selesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu. Ketika kita bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu.

Kedua, belajar untuk mengatakan tidak. Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan yang akan menyia-nyiakan waktu.

Ketiga, lebih cepat lebih baik. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat resiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang ditangani.

Keempat, pandai mengatur waktu. Bagi di antara kita yang memiliki berbagai kebiasaan terkait dengan internet dan juga hal lainnya, seperti game, televisi, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut. Jangan sampai waktu habis terbuang dengan percuma untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang dimiliki dan tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupan.

Mari kita mulai secara perlahan, mengatur waktu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, jika dilakukan secara perlahan dan konsisten maka kita bisa mengatur waktu dengan baik. Ingat, komitmen sangat penting untuk melakukannya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: