DaerahEkonomi BisnisHeadlineMalang

Miliki Usaha dan Gedung Baru, Bumdes Argoyuwono Di Resmikan Sanusi

Malang,mitratoday.com – Pemerintah Desa Argoyuwono Ampelgading resmi memiliki gedung baru Badan Usaha Milik Desa yang diresmikan Bupati Malang, HM Sanusi sabtu (15/1/2022).

Selain meresmikan gedung yang diberi nama Bumdes Agro Maju Sejahtera, Sanusi yang datang dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang,  Asisten 1 Setda, Kepala Dinas Peternakan, dan Muspika Ampelgading tersebut juga menyerahkan Sertifikat Badan Hukum BumDes dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tidak sampai disitu, Bumdes Agro Maju Sejahtera tersebut juga menambah satu unit usaha yakni Peternakan Domba yang secara bersamaan juga diresmikan Politikus asal Gondanglegi tersebut.

“Ini adalah awal yang baik, keberadaan Bumdes sebagai salah satu pilar ekonomi masyarakat di pedesaan sudah merambah berbagai sektor usaha, salah satunya di bidang peternakan domba,” kata Sanusi.

Kendati demikian, Sanusi mengingatkan, agar keberadaan Bumdes tersebut dikelola serius sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat secara nyata. Caranya lewat keseriusan mengelola unit-unit usaha yang ada, juga diimbangi dengan SDM yang mumpuni dan menguasai manajemen sebuah badan usaha desa.

“Karena Bumdes adalah usaha yang tidak hanya fokus mengejar profit Oriented tapi juga social oriented sehingga SDM yang ada harus benar-benar paham soal manajemen dan visi didirikannya Bumdes tersebut,apalagi anggarannya berasal dari APBDes yang notabene berasal dari masyarakat maka harus berkembang dan menguntungkan bagi masyarakat dan desa,” tandas Sanusi.

Ditambah dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa,lanjut Sanusi memberikan peluang yang luas disektor usaha dengan menggandeng pihak ketiga, untuk semakin memperkuat dan memberi peluang bagi Bumdes untuk semakin berkembang.

Untuk itu ia berharap nantinya Bumdes di Kabupaten Malang khususnya Bumdes Agro Maju Sejahtera akan terus berkembang dan membawa dampak signifikan sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat desa.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: