DaerahHeadlinejawa Timur

Momentum Harkitnas, Rendra Dorong Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

MALANG,Mitratoday.com – Momentum Peringatan Hari kebangkitan Nasional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang  , di harapkan bupati malang Rendra Kresna di jadikan tonggak untuk semakin meningkatkan kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia terutama di era digital yang berkembang saat ini.

Hal ini di katakan Rendra saat membacakan sambutan Menteri menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dalam upacara peringatan Hari Kebangkotan Nasional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang jalan H.Agus Salim Kota Malang senin (21/5).

“Dengan tema ”Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”,kita bangun kualitas SDM yang mampu membaca dan meningkatkan kemampuan terlebih di era digitalisasi yang terus berkembang pesat,”ujar Rendra.

Meski di akui , hal ini menjadikan tantangan yang ada menjadi semakin kuat dan besar.
Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu. Bangsa Indonesia nyaris tak punya apa-apa, hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa.

Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan bersatu dalam cita-cita yang sama, yakni kemerdekaan bangsa.

”Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia.Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana berkumpul dan berogranisasi tanpa melihat asal usul primordial, yang akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemedekaan,” tandas Rendra.

Kini setelah 110 tahun sejak tonggak sejarah itu terjadi , tambah Rendra bangsa Indonesia telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyat telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesejahteraan, pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

‘Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia,” beber Rendra.

Oleh sebab itu , imbuh Rendra melalui tema “Membangun Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia dalam Era Digital” dalam hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesa, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang dalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersam-sama dalam rangka kebangsaan Indonesia.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button