AdvertorialBlitarDaerahpendidikan

MPLS SMA N 1 Garum Bertujuan Mendidik Siswa Baru Berprestasi dan Berkarakter Baik

Blitar,mitratoday.com – Para siswa baru di Kabupaten Blitar mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan MPLS dilaksanakan mulai Senin 18 Juli Hingga Rabu 20  Juli 2022.

Seperti yang terlihat di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar, Para siswa baru mengikuti MPLS.

“Untuk Tahun ajaran 2022 ini, SMA Garum sesuai pagu dan ketentuan perundang-undangan menerima 10 Rombel, Per Rombel di isi 36 siswa. Jadi kita menerima total 360 siswa pada tahun ajaran saat ini.” Kata Drs Slamet M.Pd selaku Kepala Sekolah.

Terkait MPLS, pihaknya mengikuti aturan dan petunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Salah satunya dengan menanamkan kedisplinan kepada Siswa, dan membentuk karakter pelajar Pancasila.

Selain itu, Kepala Sekolah yang baru saja meraih penghargaan dari Kejaksaan Negeri Blitar sebagai orang yang dianggap ikut aktif dalam mensosialisasi pencegahan Sabet Pungli ini menyampaikan bahwa SMA Negeri 1 Garum merupakan tempat unggulan bagi Pencak Silat Blitar Raya.

“Setiap event Pencak Silat Bupati Cup selalu di adakan di SMA N 1 Garum. Kemudian sekolah ini juga selama dua tahun berturut-turut SNMPTN masuk peringkat kedua di Blitar.” Ujarnya.

Drs Slamet M.Pd berharap, sesuai dengan Visi dapat terwujud nya Warga sekolah yang taat, Berwibawa, berwawasan lingkungan dan Teknologi yaitu Beriman, Bertakwa dan Rasa Kepedulian yang Tinggi Baik di masyarakat maupun di Sekolah.

Di tempat yang sama, Nyoman Kartika Yasa M.Pd.H selaku Sekretaris Panitia MPLS menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bervariasi. Mulai pada hari Senin upacara pembukaan MPLS, dilanjutkan test potensi akademik siswa, dan kegiatan Ibadah.

“Terkait ibadah, kita mempunyai tempat masing-masing. Baik itu Muslim, dan non muslim ada tempat dan pembimbing tersendiri. Lalu kita juga memberikan materi-materi sesuai program dari Pemerintah, seperti Profile Pancasila, belajar efektif, Tata krama dan wawasan Wiyata Mandala,” jelas Nyoman yang juga guru agama Hindu tersebut.

Kemudian nyoman sampaikan bahwa pada hari Selasa menampilkan kegiatan ekstra kurikuler. 

“Karena SMA 1 Garum punya 18 ekstrakurikuler, semua kita tampilkan di depan siswa baru, agar mereka tahu bakat dan minat, termasuk kegiatan organisasi seperti OSIS atau MBK.” Tandasnya.

Pada hari terakhir, yakni Rabu Nyoman katakan hari yang bahagia. Pagi demo ekstra, pengarahan dari BNN, dan pentas seni.

“Setelah jam Ibadah ada penghijauan, siswa baru berkelompok membawa tanaman yang bermanfaat buat pengobatan,” ungkap Nyoman yang juga Pembina OSIS SMA Negeri 1 Garum ini.

Ia katakan siswa baru di biasakan berdisiplin agar bisa beradaptasi kebiasaan SMA Negeri 1 Garum yang tertib, disiplin, berkarakter, dan bertakwa sesuai visi misi SMA Garum, yakni pagi datang tidak ada yang telat.

“Kita berharap siswa baru punya tujuan bisa menjadi siswa-siswi berprestasi. Di samping berprestasi siswa disini juga di didik agar berkarakter baik, dan bermanfaat untuk keluarganya,” Pungkas Nyoman Kartika Yasa M.Pd.H yang saat wawancara didampingi Saigu Aviv M.Pd.I guru Agama Islam yang juga Seksi Ibadah di Panitia MPLS.

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button