DaerahJawa Tengah

Musim Hujan Tiba, Warga Menggarap Lahan Milik Perhutani

Rembang, mitratoday.com – Belum lama ini loksai TMMD diberkahi hujan turun di Desa Pasedan, Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Musim hujan bagi petani identik sebagai musim awal tanam. Lokasi Desa Pasedan yang dekat dengan hutan merupakan keuntungan tersendiri bagi masyarakatnya.

Hari ini Rabu (31/10), di sekitar jalan Ngotoko yang menjadi sasaran fisik TMMD Reguler ke 103 Kodim 0720/Rembang terlihat beberapa warga mulai mengolah tanah milik perhutani. Salah satunya adalah Sarmin (44) warga Rt. 01 Rw. 08, dia menggarap tanah milik perhutani seluas sekitar 1 Ha untuk ditanami Palawija (Singkong).

Dia (Sarmin) mengatakan warga Pasedan sering memanfaatkan tanah hutan milik perhutani untuk dijadikan ladang tanaman. “Saat musim hujan tiba, itulah kesempatan bagi warga Pasedan untuk mendapatkan tambahan penghasilan tambahan,” ucap Sarmin.

Selain mewaspadai potensi kebakaran hutan, pada saat transisi musim hujan dari musim kemarau ada beberapa hal yang juga perlu diwaspadai. Mencontohkan terjadinya puting beliung, angin kencang, dan hujan lebat. Saat ini, terjadi perubahan pada atmosfer sehingga kadang terjadi hal yang tidak terduga. Terkait hal ini, masyarakat juga harus lebih berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak diganggu oleh cuaca. (0720)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button