AdvertorialBlitarDaerahHeadline

Musrenbang Serentak 2022, Kabupaten Blitar Berencana Bangkit Sejahtera

Blitar,mitratoday.com – Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Blitar di gelar secara serentak seluruh Kecamatan melalui Zoom Meeting terhubung dengan Bupati, Hj Rini Syarifah di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (15/03/2022).

Pelaksanaan itu juga di ikuti Kecamatan Talun di Ruang pertemuan Desa Jabung.

Musyawarah Rencana Pembangunan di hadiri Camat Talun, Endro Riyadi dan jajarannya, Kapolsek, Danramil, Anggota DPRD Kabupaten Blitar Dapil 4, Nasa Barcelona, Kepala Desa Se- Kecamatan Talun, Toga, Tomas, Perwakilan Disabil, Lembaga Desa, serta Dinas terkait.

“Agenda Musyawarah Rencana Pembangunan tahun ini di laksanakan serentak secara virtual dan langsung dibuka Bupati. Setelah itu dilanjutkan Pleno di tingkat Kecamatan guna menyerap aspirasi serta usulan-usulan yang masuk dalam lima prioritas, agar bisa masuk dalam usulan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten.” Kata Camat Talun.

Usulan terbanyak yang disampaikan yakni persoalan sarpras. Namun Endro katakan bahwa persoalan sarpras memiliki keterbatasan.

“Beberapa usulan yang disampaikan, satu di antaranya soal peningkatan akses pelayanan dasar dan penguatan ketahanan sosial.” Ujarnya.

Dari awal usulan Desa dan Kelurahan, yang masuk ada 76 usulan. Setelah melalui verifikasi, karena terkait kewenangan dan sebagainya menjadi 74 usulan, dan yang masuk di dalam 5 prioritas ada 23.

“Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan kali ini ada tambahan, yaitu Perempuan Anak, Penyandang Disabil dan Kelompok Rentan (Pena Intan) yang harus ada kegiatannya.” Pungkas Camat.

Sehingga dari 14 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Talun, kata Camat ada usulan yang mengarah ke Pena Intan sebanyak 3 usulan.

“Maka dari 74 usulan, yang masuk 26. Sementara masih ada 48 usulan yang sudah verifikasi. Tetapi tidak bisa masuk usulan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan, namun akan menjadi lampiran berita acara yang kita usulkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan kecamatan ke Kabupaten,” Jelas Endro Riyadi.

Terkait Usulan untuk Kaum Perempuan, pihaknya mengusulkan Pemberdayaan Perempuan berbentuk bantuan Kelompok masyarakat bidang wanita.

“Lalu di bidang pertanian memberikan bantuan kepada lembaga kelompok masyarakat bidang pertanian. Sedangkan untuk masyarakat Rentan itu ada usulan dari kita yaitu pembangunan rumah tidak layak huni,” terangnya.

Endro Riyadi Selaku Camat Talun berharap semua usulan yang disampaikan berdasarkan awalan¬† dari Musyawarah Desa atau kelurahan. “Sehingga benar-benar bisa di realisasikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.” Pungkas Camat Talun.

Perlu di ketahui, saat Musyawarah Rencana Pembangunan serentak dilaksanakan, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs Izul Marom M.Sc sebagai narasumber mengatakan bahwa Pembangunan di bidang SDM dan Kesehatan menjadi sangat penting.

“Karena menyangkut keberlangsungan pembangunan yang akan datang, juga terkait pemulihan ekonomi akibat Pandemi. Kita berharap di tahun 2022-2023 pertumbuhan ekonomi meningkat.” Tuturnya.

Izul Maron juga memaparkan Target Indikator Makro Tahun 2023 dengan membandingkan set back 3 tahun ke belakang.

“Untuk Pertumbuhan Ekonomi Pada tahun 2019 sebesar 5,12 % dan Tahun 2020 kita minus – 2,29 %, tahun 2021 2,17 %, di Tahun 2022 kita berharap 4,56 % dan tahun 2023 menjadi 7,58 %.” Tutup Izul.(Adv/Kmf/Novie).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button