AdvertorialDaerahHeadlineJember

NKRI Harga Mati, ratusan Warga sipil ikuti Upacara Bela Negara Lapangan Batalyon Inf (Yonif) Raider 509 Balawara Yudha Jember

Pewarta : Solichin

jember,mitratoday.com-Sebanyak 250 warga sipil di Kabupaten Jember, Jatim, mengikuti pelatihan Bela Negara di Markas Batalyon Infantri (Yonif) Raider 509/ Balawara Yudha.

Di gembleng kedisiplinan, wawasan kebangsaan, ketahanan atas radikalisme, gotong royong dan lainnya selama 3 hari oleh Prajurit Tempur Raider.

Inspektur upacara pada pembukaan Kader Bela Negara Tahun 2021 di lapangan terbuka di dalam kompleks Mayonif, Jum’at (19/11/2021).

Bupati Hendy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Komandan Batalyon (Letkol Inf Syafrinaldi, SE) telah bersedia menyediakan tempat dan instruktur.

Pentingnya pelatihan Bela Negara ini. “Inti kekuatan di negeri ini adalah kebersamaan. Bukan hanya dari TNI Polri saja tetapi juga masyarakat harus ikut serta di dalamnya,” ucap Hendy Siswanto.

Apalagi selama 2 tahun terakhir ini Indonesia (negara di dunia juga) dilanda Pandemi Covid-19. Rasa kebersamaan, gotong royong dan silaturahmi sudah jarang karena pandemi.

NKRI adalah harga mati yaitu bagaimana kita menghormati Pancasila sebagai ideologi negara. “Kolaborasi TNI dengan masyarakat di tahun ini kita harapkan lebih intens lagi.

Plt Kepala Bakesbangpol, DR Edi Budi Susilo, S.Pd, M.Pd mengatakan, seluruh peserta menjadi Kader Bela Negara pada Tahun 2021.

“Selama tiga hari mulai hari ini, besok hingga minggu mereka, dua ratus lima puluh orang kita bentuk kita latih menjadi Kader Bela Negara. Nanti mereka akan menjadi agen KBN (Kader Bela Negara) di desa-desa,” ungkap Edi.

Peserta berasal dari perwakilan desa di Kabupaten Jember dan pegawai di OPD Bakesbangpol.

Bakesbangpol telah mengkader siswa-siswi setingkat SMA dan SMK. Ke depannya akan diadakan pada kelompok masyarakat lainnya.

Pembukaan Pelatihan Kader Bela Negara tersebut, unsur TNI (Kodim 0824 dan Yonif 509), Polri, PMI, BPBD dan OPD.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: