DaerahHeadline

Optimalisasikan Ketahanan Pangan dengan Embung

Kabupaten Malang, Mitratoday.com – Keberhasilan pemerintah Kabupaten Malang untuk melakukan optimalisasi ketahanan pangan di wilayah kabupaten Malang , terbukti dengan ketersediaan pangan yang melimpah , bahkan surplus pangan.Hal ini di utarakan Bupati Malang saat menerima kunjungan beberapa tamu sekretariat Kabinet  dan beberapa deputi Kementerian diantaranya Kementerian Pertanian , Kemernterian Pembangunan Desa  dan Transmigrasi , dan deputi kementerian perekonomian RI  di Pendopo Kabupaten Malang jalan H Agus Salim Kota Malang senin (9/10). “Hingga saat ini Kabupaten Malang masih mengalami surplus ketahanan pangan, termasuk masih mensuplai program nasional ketahanan pangan,” ungkap Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna .
Kesuksesan Pemkab Malang dalam menjaga ketahanan pangan , imbuh Rendra salah satunya dengan mengembangkan program penyediaan embung – embung penangkap air yang ada di 13 titik lokasi. “Dengan embung penangkap air tersebut selama ini sudah sangat membantu mengairi lahan pertanian bagi para petani,” tuturnya.
Hal senada di utarakan Ir. M. Nasri Abd. Wahid, M.Eng.Sc Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang saat mendampingi Bupati Malang. Ia  menjelaskan bahwa dengan program Embung ini mensukseskan hasil surplus pangan salah satu tanaman padi. “Dengan sistem irigasi pengairan yang baik, surplus padi kita mencapai sebesar 65.000 ton tahun ini,” kata Nasri sapaan akrabnya.
Rosyidah Rachmawaty selaku Direktur Sarana Prasarana Desa Ditjen PPMD Kemendesa, PDT dan Transmigrasi mengatakan bahwa, terlepas dari kinerja pertanian yang semakin membaik di Kabupaten Malang. Kunjungan kerja pihak kementerian ini dilakukan untuk mendapatkan data dukung dalam rangka penyempurnaan rancangan Inpres tentang percepatan penyediaan embung kecil dan bangunan penampung air lainnya di desa.
“Kegiatan kunjungan ini ditujukan untuk mewujudkan upaya sinergi dan keterpaduan pusat dan daerah dalam merencanakan pengembangan dan pengelolaan sumber daya air di bidang ketahanan Pangan dan pertanian,” paparnya.
Senada dengan Rosyidah, Agustin Purbaningsih Deputi bidang percepatan infrastruktur pengembangan wilayah dan industri Sekretariat Kabinet RI menyampaikan jika masyarakat/petani telah memulai untuk membangun embung kecil dan bangunan penampung air lainnya. “Melalui dana desa bangunan seperti itu akan dapat dibangun lebih banyak lagi untuk meningkatkan produksi pertanian dan pendapatan masyarakat desa,” ulasnya.

Tampak dalam acara tersebut mendampingi Bupati Malang, Drs. Abdul Rachman Firdaus, MSi .Asisten Pemerintah Kesejahteraan Rakyat Sekda Kab. Malang, Ir. Mochamad Anwar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kab. Malang, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kab. Malang Drs. Suwadji, S.IP., M.Si. (GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button