DaerahHeadlineMalang

Optimis, Kabupaten Malang Bakal Jadi Clean City

Malang,mitratoday.com – Pemerintah mengaku optimis jika Kabupaten Malang bakal segera bermetaforfosis menjadi sebuah Kabupaten Bersih (Clean City).

Optimisme tersebut diungkapkan Bupati Malang, HM Sanusi saat memimpin langsung gerakan bersih-bersih di Kecamatan Dampit, Jum’at (5/8/2022).

“Sangat optimis sekali gak lama lagi Kabupaten Malang akan menjadi Kota Bersih (Clean City),” kata Sanusi kepada Mitratoday.com .

Sejauh ini semua Organisasj Perangkat Daerah, lanjut Sanusi sudah bekerja untuk mendukung konsep Clean City. Tidak hanya OPD Pemkab Malang saja, tapi semua lembaga dan organisasi masyarakat di Kabupaten Malang ikut andil memberikan kontribusi terhadap konsep Clean City tersebut.

Ia mencontohkan seperti dukungan dari fatayat, Ansor, Banser dan Organisasi lainnya. Hal ini menandakan bahwa ada kesamaan persepsi dan visi untuk menjadikan Kabupaten Malang sebagai Kota Bersih.

“Ya ini kan bagian dukungan dari masyarakat lewat berbagai lembaga, ada pelajar sekolah, dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Disini menunjukkan jika ada kesamaan visi menjadikan Kabupaten Malang sebagai kota bersih,” lanjut Sanusi.

Kendati demikian, beber Sanusi ,yang paling penting adalah mengubah pola pikir masyarakat untuk hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya. Untuk itulah lewat Pemerintah Desa (Pemdes) sosialisasi dan ajakan budaya hidup bersih tersebut terus disosialisasikan agar di pahami masyarakat.

Bahkan saking pentingnya merubah mainset masyarakat agar membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya tersebut, Pemerintah lanjut Sanusi tengah menggodok Perda tentang Kebersihan.

Ia beralasan dengan adanya Perda tentang Kebersihan lingkungan tersebut maka konsep Clean City tersebut akan memiliki payung hukum yang kuat, karena didalamnya akan dicantumkan berbagai sanksi bagi masyarakat yang melanggar.

“Ini perlu dilakukan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat ya, tapi untuk mendisiplinkan agar masyarakat ini memiliki pola pikir dan budaya hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya,” tukasnya.

Konsep Clean City sendiri digagas, setelah dirinya melakukan studi banding ke salah satu negara terbersih di Dunia yaitu Denmark beberapa waktu lalu.

Di Denmark, ulas Sanusi dirinya banyak belajar dan melihat tata kota yang sangat bersih. Bahkan diakuinya, Di Denmark tidak ada satupun sampah yang berserakan di jalan karena masyarakatnya yang sangat disiplin menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempat yang disediakan Pemerintah.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button