AdvertorialBlitarDaerahHeadline

Panen Padi Inbrida, Bupati Blitar Mengajak Anak-Anak Muda Mengembangkan Pertanian dengan Teknologi

Blitar,mitratoday.com – Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menghadiri Panen Padi Inbrida di Desa Dadaplangu Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Kamis (30/03/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Selain Bupati Blitar Hj Rini Syarifah, juga Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono, S.E.,Asisten, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Wawan, Forkopimcam Ponggok, dan Gapoktan Rukun Tani Sentosa.

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah mengatakan, Panen padi Inbrida ini menunjukan Biosaka hasilnya lebih bagus daripada kita menggunakan pupuk kimia.

“Maka pada panen ini kita juga mensosialisasikan pada masyarakat terkait penggunaan Elisitor Biosaka karena Elisitor Biosaka ini terlahir disini di Kabupaten Blitar,” ujar Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Bupati Perempuan pertama di Blitar ini juga mengatakan, di Kabupaten lain sudah banyak yang menggunakan, sedangkan Biosaka ini terlahir di Kabupaten Blitar, maka alangkah baiknya jika kita mensosialisasikan di Kabupaten Blitar, agar tidak perlu jauh-jauh menggunakan pupuk lain selain Elisitor Biosaka ini.

“Toh hasilnya juga bagus, juga Elisitor Biosaka ini mampu menjaga kualitas tanah,” ucap Orang pertama di Kabupaten Blitar ini.

“Semakin sulit nya pupuk dan langka, maka kita punya solusinya Biosaka, semoga setelah panen ini, dan kita mulai nanam, kita aplikasikan pupuk ini dan dalam 3 bulan kedepan kita akan lihat hasilnya seperti apa nanti.”¬† Jelas Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Dalam kesempatan tadi juga Bupati Blitar yang panggilan akrabnya Mak Rini juga melakukan cara pembuatan Pupuk Elisitor Biosaka bersama Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono, para Asisten, Kepala Dinas Pertanian, Camat Ponggok dan Gapoktan.

Dikatakan Bupati Rini, cara menggunakannya mudah sekali, rerumputan atau tanaman liar yang sehat dan tidak mengandung virus atau hama, nanti kita peras di air hasilnya Elisitor bisa di aplikasikan ke sawah.

“Semakin banyak para petani yang ingin menanam padinya dengan menggunakan Elisitor Biosaka ini, kita dari Pemerintah Kabupaten Blitar akan melakukan pendampingan PPL, Bupati Blitar juga sudah membuat surat edaran untuk seluruh Desa, dan jika membutuhkan pendampingan bisa langsung menghubungi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar,” pesan Bupati Rini.

Bupati Blitar juga berharap kepada anak-anak muda, kaum milenial di Kabupaten Blitar untuk mengembangkan pertanian dengan melakukan penanaman secara teknologi, dan tidak hanya menanam namun, juga bisa menjual hasil tanamannya dengan kualitas yang sangat bagus,” pungkas Bupati Blitar Hj Rini Syarifah. (ADV/kmf/Novi)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button