DaerahSumatera Utara

Pansus Covid-19 DPRD Sergai Terima Laporan Dinas PMD Sergai

Penulis : Marwan

Serdang Bedagai,Mitratoday.comPanitia Khusus (Pansus) DPRD Serdang Bedagai, Senin (22/06/2020) menerima laporan Pelaksanaan realisasi pengalihan Anggaran Dana Desa dalam penanganan Covid-19 dari Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai.

Rapat Pansus bersama Kadis PMD Sergai Ikhsan AP.M.Si tersebut dipimpin Ketua M.Elfri Sipayung Wakil Ketua Robert Butar Butar Sekretaris Taufik Kurrahman, SH dan beserta 9 Anggota.

Sekretaris Pansus DPRD Sergai Taufik Kurrahman, SH Mengatakan dari pelaksanaan rapat Pansus tersebut didapatkan info dan kesimpulan mencari data dan fakta seputar Pencegahan Penanggulangan, Dampak Pandemi Covid-19 Seperti kesehatan, Sosial Serta ekonomi di kabupaten serdang bedagai.

Selanjutnya Kata Taufik Kurrahman, SH Berdasarkan Permendes No 6 Tahun 2020 Dana Desa Tahun 2020 dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai dengan besaran bahwa kurang dari Rp.800 Juta. “Maka mengalokasikan 25 Persen dari Jumlah Dana Desa sedangkan Desa penerima sampai dengan Rp.1,2 Miliar maka mengalokasikan 30 Persen dan Desa penerima Dana Desa lebih dari Rp.1,2 Miliar maka mengalokasikan 35 Persesn.” Tutur Taufik Kurrahman.

Dalam rapat Pansus itu juga disampaikan Dinas PMD Sergai Pemerintah Desa bekerjasama dengan Babinsa, Bhabinkantibmas beserta masyarakat telah bekerja menangani Wabah corona (Covid-19) di Desanya dengan bentuk kegiatan seperti membuat Posko, Isolasi Mandiri, Sosialisasi, Pengadaan Masker dan Penyemprotan disinfektan.

“Tercatat sudah 237 Desa dan 6 Kelurahan di Sergai menyampaikan laporannya,” Kata Taufik.

Selain Laporan dari Dinas PMD, Pansus DPRD Sergai juga menerima keterangan dan data dari Gugus Tugas kabupaten Sergai, dari Dinas Sosial sergai, BPBD sergai, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Sultan Sulaiman, Program PKH Kabupaten dan kecamatan Serta Perwakilan asosiasi kepala desa Kecamatan dari 17 kecamatan.

Taufik Menegaskan Pansus DPRD Sergai akan mengawasi setiap proses baik Pengadaan maupun Pendistribusian Paket bantuan Sosial, dan BLT DD yang diserahkan hingga sampai penerimanya oleh Satuan Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemerintahan Desa

“Kita akan mengawal proses distribusi paket bantuan sosial yang diberikan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintahan Desa Sampai ke Masyarakat.”Jelas Taufik.

Untuk, Kurrahman dalam rapat Pansus Laporan Dinas PMD penyaluran BLT Dana Desa dan Refocusing Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai dalam waktu dekat Pansus DPRD Sergai akan membuat kesimpulan dan merekomendasi kepada Pemkab Sergai,” Pungkas Taufik.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button