BengkuluBENGKULUHeadline

Pantang Pulang Sebelum Padam, Dedy Wahyudi: Selamat Ulang Tahun Damkar

Kota Bengkulu,mitratoday.com – Pantang pulang sebelum padam, itulah hal identik yang disemayamkan kepada para personel Dinas Pemadam Kebakaran
saat bertugas.

Kota Bengkulu
Peringatan HUT Damkar.

Semangat dan jiwa korsa para personel Damkar sudah tak diragukan lagi, bahkan nyawa sering ditaruhkan dalam melakukan sebuah misi kemanusiaan.

Atas hal inilah, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel Damkar Kota Bengkulu dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke-103 pada Selasa (1/3/2022).

“Ya, di hari ulang tahun pemadam kebakaran ke 103, pemerintah, masyarakat dan seluruh jajaran Kota Bengkulu merasa bangga terhadap prestasi dan capaian pemadam kebakaran selama ini.” Ucap Dedy.

Rasa syukur juga disampaikan Dedy Wahyudi atas meningkatnya kinerja Pemadam Kebakaran setiap waktunya.

“Alhamdulillah semakin hari dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan terus memberikan karya- karya terbaik, tetapi tetap saja ada beberapa catatan yang menjadi PR bagi Kepala Dinasnya agar ke depan disempurnakan,” kata Dedy.

Dedy juga bangga para personel pemadam kebakaran berdedikasi penuh dalam sebuah misi kemanusiaan.

“Mereka betul-betul bekerja bertaruh nyawa, walaupun baju terbakar dan robek-robek, tetapi mereka belum akan pulang sebelum api padam, inilah yang jadi jargon dan hal yang harus ditanamkan pada personel pemadam kebakaran. Jiwa korsa dan semangat yang membara,” tuturnya.

Sebagai pemimpin, Dedy berharap para personel pemadam kebakaran selalu jaya dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami selaku pimpinan, forkopimda kemudian seluruh masyarakat mengucapkan selamat ulang tahun ke-103, semoga selalu jaya dan terus menjadi penyelamatan masyarakat,” tegasnya.(FR).

Sebagai informasi, inilah makna yang tersirat dalam logo Damkar, sebagai berikut:

  • 5 kelopak Bunga Wijaya melambangkan kemenangan dalam setiap pelaksanaan tugas pemadaman dan penyelamatan. 5 kelopak melukiskan 5 sila Pancasila.
  • Tali melingkar dan lingkaran melambangkan bahwa tugas pemadam kebakaran bagaikan lingkaran yang tidak berujung dan tak berpangkal. Tali melukiskan peralatan penyelamatan sebagai kesiagaan dan kesiapan memberi pertolongan kepada korban.
  • 2 tangkai 19 lidah api yang menyala melambangkan bahwa bahaya kebakaran selalu mengintai. 19 lidah api melukiskan lahirnya Instansi Pemadam Kebakaran pada tanggal Maret 1919.
  • Air melambangkan terpenuhinya bahan pokok dalam pemadaman kebakaran.
  • Kelengkapan kerja berupa helm, kampak, pemancar dan selang melambangkan perlengkapan atau peralatan kerja pemadam kebakaran dalam menjalankan tugas pokoknya.
  • Pita bertuliskan YUDHA BRAMA JAYA. Yudha berarti perang, Brama berarti api, Jaya berarti menang. Jadi YUDHA BRAMA JAYA bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan kebakaran.
  • Warna putih, merah, kuning dan biru. Putih berarti kesucian/kebenaran, merah berarti keberanian/semangat yang membara, kuning berarti kemuliaan/keluhuran hati dan biru berarti kesetiaan.

Bagikan

Rekomendasi

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button