Pasar Sumedang Rampung, Giliran Pasar Lawang Bakal Direvitalisasi

Pewarta : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Pemkab Malang memastikan bahwa Pembangunan pasar Sumedang Kecamatan Kepanjen dinyatakan rampung pengerjaannya.

Hal ini diutarakan Sekdakab Malang Wahyu Hidayat yang menjelaskan jika saat ini tengah dilakukan pengecekan kondisi bangunan pasar sebelum diserahkan ke Disperindag sebagai pengelola pasar nantinya.

“Ini masih dilakukan cek terakhir sebelum diserahkan, nanti mekanismenya Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Ciptakarya (DPKPCK) akan mengajukan ke Bupati,”ujar Wahyu Hidayat senin (22/2/2021).

Usai diajukan,lanjut Wahyu, Bupati Malang memberikan disposisi kepada Sekda sebagai pengelola barang dan aset. Setelah itu bakal diserahkan ke Disperindag sebagai pengelola pasar Sumedang.

Wahyu menargetkan,dalam kurun waktu paling lambat dua bulan Pasar Sumedang bisa diserahkan ke Disperindag. Kurun waktu selama 2 bulan tersebut dinilai mantan Camat Tajinan tersebut sangat wajar karena ada beberapa tahapan proses yang harus dilalui. Di tambah Badan Keuangan Dan Aset Daerah,lanjut Wahyu Hidayat melakukan lockdown usai pegawainya terpapar Covid.

“Jadi mohon dimaklumi jika dinilai terlambat,”Pungkasnya.

Wahyu membeberkan, nantinya saat pasar Sumedang telah diserahkan, maka pedagang bisa segera menempati kios yang tersedia sesuai dengan lot yang dimiliki.

Apakah termasuk untuk merelokasi pedagang pasar Kepanjen, Wahyu menjawab jika pasar sumedang dikhususkan bagi pedagang lama yang telah terdaftar.

“Kita utamakan dulu, pedagang lama,kan pembangunan lapak kios disesuaikan dengan jumlah pedagang lama,”Tandansya.

Wahyu juga menjelaskan,jika di tahun ,2021 Pemkab Malang bakal merevitalisasi pasar Lawang kecamatan Lawang.

Sebagai pasar yang terletak diperbatasan Malang-Pasuruan, kondisi bangunan pasar Lawang dinilai sudah tidak layak. Bahkan akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran di pasar tersebut.

“Sebenarnya ditahun 2020 kemarin sudah bisa dikerjakan,namun karena pandemi covid hal itu urung terjadi. Anggarannya sekitar Rp 130 miliar. Makanya ditahun 2021 ini kita minta Disperindag untuk berkoordinasi kembali terkait revitalisasi pasar Lawang tersebut,”Tutupnya Wahyu Hidayat.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close