BantenDaerah

Pembangunan Jalan Betonisasi Diduga Tidak Seuai Rab

Tangerang Mitratoday.com – Ditemukan adanya kejanggalan pada Pembangunan Jalan Betonisasi Proyek Infrastruktur (PL) dari Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang, yang lokasinya berada Di desa Tanjakan Kecamatan Rajeg, kini menuai banyak pertanyaan tentang pengawasan yang dilakukan Para Pejabat atau Pegawai Kecamatan terhadap kegiatan tersebut. Pasalnya belum digunakan sudah retak.

Hal ini diduga kuat karena tidak sesuai rab. Seperti yang diungkap cecep,  terjadinya keretakan pada pekerjaan betonisasi di Rt 12 Rw 14 kp tanjakan jungkel desa Tanjakan disebabkan karena  saat pengerjaan berlangsung telah ditemukan kejanggalan pada beberapa Item pekerjaan, seperti rangkaian besi dowel yang sangat jarang dengan 70 cm, Ketebalan Plat Betton. Pada tengahnya saat diukur ketebalannya terlihat hanya kisaran antara 11,12 s/d 13 CM.

Sementara, Pada Papan Bagesting kanan & kiri ketebalan yakni dengan tebal 17 CM. Kemudian, Pengamparan Macadam tidak merata,seperti nya tidak menggunakan alat berat (Woles), guna pemadatan serta pemerataan pada postur kondisi tanah. Sehingga hal ini menduga, Peningkatan Jalan Betonisasi didesa tanjakan terkesan tak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang telah dicanangkan Para Pejabat Instansi terkait, Minggu (06/06/18).

Kegiatan ini kini belum diketahui nama dari perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut, karena saat berlangsung nya pengerjaan tak terlihat adanya Papan Proyek/Informasi yang terpampang atau terpasang pada lokasi pekerjaan. Padahal, setiap warga negara berhak untuk mengetahui informasi, sesuai amanat yang tertuang pada Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang KIP.

Hal ini kian menjadi pertanyaan public terkait tentang persoalan yang terjadi pada Peningkatan Jalan Betonisasi Didesa tanjakan kecamatan rajeg, serta pengawasan yang dilakukan Pejabat Kecamatan. Lalu seperti apa acuan pada RAB peningkatan jalan beton didesa tanjakan yang dibuat para pejabat atau pegawai kecamatan rajeg??

Jika pada RAB adanya Item Pengadaan Alat Berat (Woles), dan Ketebalan Plat Betton merata hingga 17 CM. Lantas bagaimana pengawasan yang dilakukan Para Pejabat atau Pegawai Kecamatan rajeg terhadap Perusahaan Jasa Kontruksi yang mengerjakan Proyek tersebut??

Selain pekerjaan didesa tersebut,juga terjadi keretakan didekat jembatan perbatasan desa ranca bango dengan desa pengarengan ,sedangkan uc salah satu Pihak pengawas Rajeg saat dikonfirmasi mengungkapkan kami sudah melakukan pengawasan secara maksimal,kami sudah tekankan pihak ketiga untuk mengerjakan sesuai dengan rab dan bistek, apabila ditemukan kekurangan maka pihak inspektorat yang akan menentukan sanksinya yaitu dengan pengembalian.”ucapnya”07/05/2018 Sementara, Kasi Ekbang Kecamatan Rajeg, belum bisa di konfirmasi. (Rohmat)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button