Pemda BS Tidak Anggarkan Obat Untuk Penanggulangan Hama

Bengkulu Selatan,Mitratoday.com-Dinas Pertanian Bengkulu Selatan BS gencar dalam melakukan penanggulangan hama wereng dengan obat-obatan yang sangat minim, itupun bantuan dari Pemerintah Provinsi.

Hama wereng yang sedang mewabah di kabupaten Bengkulu Selatan mebuat Dinas Pertanian lebih gencar turun kelapangan.

Kamis (17/9/2020) Kepala Dinas Pertanian kabupaten Bengkulu Selatan, Ir Silustero MM mengatakan,”Obat-obatan untuk hama Padi/wereng Pemda BS tidak menganggarkan, padahal sudah kita usulkan. Bantuan obat-obatan penanggulangan hama wereng untuk saat ini semuanya bantuan pemerintah provinsi dan itupun sangat minim untuk penanggulangan hama wereng yang sedang mewabah. Karena tidak seimbang dengan luas lahan pertanian di Bengkulu Selatan, bantuan dari pemprov jenis Pestisida, Herbisida, Fungisida,” Terang Silustero.

Karena obat-obatan untuk penanggulangan hama wereng kini sangat minim atau tinggal beberapa botol lagi, maka pihak dinas pertanian sudah membuat pengajuan usulan untuk tambahan obat-obatan.

“Karena obat-obatan untuk saat ini tinggal beberapa botol lagi, maka kami sudah membuat usulan ke Pemprov untuk tambahan obat-obatan penanggulangan hama wereng, mengingat persediaan sangat minim maka kami melakukan petunjuk-petunjuk penyemprotan dan cara penanggulangan agar hama tidak berkembang biak dengan cepat, seperti melakukan perawatan dari dini, padi di genang air sebesar mungkin sehingga wereng tidak bisa masuk ke batang atau rumpun padi,penyebabnm lemahnya pengamatan sejak dini, ketidak patuhan dengan dosis obat-obatan mengakibatkan kekebalan terhadap hama, kekeliruan terhadap pemahaman-pemahaman,seperti air digenang bukan di keringi.”Ujar Silustero.

Kepala Dinas Pertanian Berharap kedepannya pemda Bengkulu Selatan dapat menganggarkan obat-obatan yang dibutuhkan petani.

“Untuk kedepannya kami berharap Pemda Bengkulu Selatan dapat menganggarkan Obat-obatan pembasmi Hama wereng dan yang lainnya.” Tutup Silustero.JN

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close