BENGKULUBengkulu SelatanDaerahHeadline

Pemdes Suka Bandung Akan Salurkan Hewan Ternak Demi Tercapainya Program

Bengkulu Selatan,mitratoday.com – Pemerintah Desa Suka Bandung Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu Bukan tanpa alasan. Pengadaan Sapi tersebut merupakan langkah pemerintah dalam menanggulangi ketahanan pangan di seluruh desa pasca pandemi COVID-19.

Oleh karena itu,di tahun 2022 ini sebanyak 20 persen Dana Desa di wajibkan untuk progam ketahanan pangan dan hewan, sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 104 Tahun 2021.

“Untuk program ketahanan pangan kita akan mengadakan Sapi untuk dikembangbiakkan, nantinya Sapi akan kita datangkan langsung dari peternakan provinsi Lampung,” kata Kades Suka Bandung.

Dikatakan Aisun, anggaran pembelian ternak sapi tersebut sebesar 20 persen dari DD atau Rp 120 juta yang nantinya direncanakan akan membeli 10 ekor sapi yang akan diserahkan kepada masing-masing kelompok pengelola.

“Ya, nantinya akan kita bagikan secara kelompok agar manfaat program ini bisa dirasakan bersama, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera kita realisasikan,” ujar Asiun.

Tidak hanya itu, agar program tersebut berjalan mulus pihaknya akan meningkatkanĀ SDM warganya dengan memberikan bimbingan serta pemahaman tentang cara beternak Sapi.

“Semua kegiatan akan berjalan baik jika dilatih terlebih dahulu sama halnya dengan berternak Sapi. Nah, untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat nanti kita akan datangkan pihak berkompeten di bidang peternakan Sapi agar program ini berjalan sukses” sampai Asiun.

Di sisi lain, pihaknya meminta Sapi yang akan diserahkan kepada kelompok tersebut untuk tidak dilepasliarkan, sebab saat ini ternak harus dikandangkan.

“Sepenuhnya akan kita serahkan ke masing-masing kelompok, karena ternak saat ini tidak boleh berkeliaran, saya harap program ini dapat dikelola dan dikembangkan untuk menciptakan ketahanan pangan hewan” pungkasnya.

Pewarta : Julian

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button