DaerahMalang

Pemerintah Bakal Lakukan Operasi Massal Bibir Sumbing

Malang,mitratoday.com – Pemerintah Kabupaten Malang bakal menggelar operasi massal bibir sumbing bagi warga Kabupaten Malang.

Rencananya operasi bibir sumbing tersebut bakal dilakukan di RSUD Lawang pada medio bulan Mei mendatang.

Plt Kadinkes Kabupaten Malang drg.Arbani Mukti Wibowo mengatakan operasi bibir sumbing tersebut nantinya Pemerintah bakal berkolaborasi dengan Koligium Spesialis Bedah Mulut dengan dukungan dana Coorporate Socialty Responsiblity (CSR) dari salah satu yayasan.

Alhamdulillah dengan dukungan dana CSR salah satu yayasan, Bulan Mei mendatang akan kita lakukan bakti sosial operasi bibr sumbing kepada sekitar 20 pasien asal Kabupaten Malang berkolaborasi dengan Koligium Spesialis Bedah Mulut,” kata Arbani Mukti Wibowo, minggu (1/5/2022).

Sejauh mana persiapannya, Arbani menjelaskan jika saat ini tengah dilakukan berbagai persiapan salah satunya screening di masing-masing puskesmas. Screening tersebut dilakukan untuk melihat bentuk langit-langit mulut.

“Karena operasi bibir sumbing ini kan lebih ke penanganan medis estetik ya,” ulas Arbani.

Arbani mengungkapkan di Kabupaten Malang sendiri kasus pasien bibir sumbing dinilai kecil, dan rata-rata berasal dari kalangan keluarga kurang mampu dari sisi ekonomi, padahal nyatanya operasi bibir sumbing tersebut bisa dibiayai dari BPJS dengan catatan jika mengganggu fungsi hidup pasien bibir sumbing itu sendiri.

“Karena hakekatnya Operasi bibir sumbing ini gak hanya sebatas estetika saja, jadi ada kemungkinan bisa mengganggu fungsi hidup si pasien,” pungkas Arbani.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button