DaerahHeadlineMalang

Pemerintah Sebut Pembinaan Desa Sudah Dilakukan Maksimal

Malang,mitratoday.com – Pemerintah Kabupaten Malang memastikan setiap kepala desa  di wilayahnya telah mendapatkan pembinaan terkait pengelolaan Dana Desa.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Drs.H.Suwadji.Msi mengatakan pihaknya tak kurang-kurang dalam memberikan pembinaan agar kades tak terlibat kasus karena salah dalam mengelola DD.

“Di akhir tahun anggaran juga selalu dilakukan evaluasi tentang pengelolaan dana desa dan penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya saat ditemui, Selasa (7/6/2022).

Hal ini perlu di sampaikan saat menanggapi penangkapan Kades Kalipare terkait kasus dugaan korupsi yang merugikan negara hingga Rp 423 juta.

Ia menegaskan bahwa Inspektorat Daerah Kabupaten Malang dan Polres Malang telah melakukan pembinaan, bahkan bisa dicek apakah yang bersangkutan telah mengikuti pembinaan atau tidak.

“Coba kalau dia mengikuti rekomendasinya dari Inspektorat, ya (dugaan kasus korupsi) tidak akan terjadi,” beber Suwadji.

Kendati demikian Suwadji mengaku dirinya tak menampik bahwa dari 378 kades di Kabupaten Malang, mungkin ada yang tidak bisa memahami materi pembinaan atau memang memiliki kepribadian yang tidak baik.

“Permasalahan desa bisa muncul karena pertama, sumber daya manusianya kurang mampu, yang kedua mungkin pemahamannya kurang, yang ketiga mungkin memang ada indikasi (untuk melakukan korupsi). Kalau itu kan kita nggak tahu siapa orangnya,” tutur Suwadji.

Dalam beberapa kesempatan Suwadji juga meminta kepada para Camat untuk lebih intens melakukan pembinaan , pengawasan dan verifikasi. Ia beralasan para Camat yang ada dinilai lebih memahami kondisi diwilayahnya masing-masing termasuk desa-desanya.

Harapannya jika ada indikasi pelanggaran yang dilakukan oknum kades maupun perangkatnya bisa segera diatasi dan diperingatkan.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button