AsahanDaerah

Pemkab Asahan Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2022

Asahan,mitratoday.com –¬†Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melaksanakan kegiatan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Rambate Rata Raya Kisaran, (05/09/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati H. Surya BSc menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dan Forkopimda mengucapkan selamat kepada calon Kepala Desa yang mengikuti perhelatan akbar pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa Tahun 2022. Semoga para calon Kepala Desa senantiasa diberi kesehatan sehingga dapat mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik.

Dikatakan Bupati, deklarasi damai ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dan komitmen para calon Kepala Desa guna mewujudkan Pilkades yang demokratis, bermartabat, dan berintegritas serta bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

Saya titip kepada bapak dan ibu calon Kepala Desa agar bisa membangun situasi yang kondusif di wilayahnya masing – masing dan saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan visi dan misi serta tunjukan bahwa para calon Kades mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik, ujar H. Surya BSc.

Kemudian Bupati menambahkan bahwa perbedaan pilihan adalah merupakan hal yang biasa. Namun yang terpenting adalah tidak menimbulkan konflik dan membuat saling bermusuhan sehingga menjadi terpecah belah. Para calon kades juga diimbau untuk dapat menerima hasil Pilkades dengan legowo dan lapang dada.

Jangan sampai ada gesekan konflik. Oleh karena itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat dan stakeholder untuk bisa bergandeng tangan dalam mensukseskan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2022 mendatang, pungkas Bupati sembari mengucapkan selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran dan kekeluargaan dapat mewujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif.

Sementara Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana SH, SIK, MH dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya semoga pelaksanaan Pikades serentak Tahun 2022 di Kabupaten Asahan dapat berjalan aman, tertib dan damai.

Kapolres menjelaskan beberapa langkah dalam menciptakan Pilkades yang aman, tertib dan damai. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan membuat satu Desa satu TPS. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan pelaksanaan Pilkades agar pelaksanaannya dapat berjalan kondusif, aman dan bermartabat.

Sebelumnya Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan Suherman Siregar SSTP, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan deklarasi damai Pilkades serentak Tahun 2022 tersebut diikuti sebanyak 307 calon Kepala Desa dari 89 Desa yang melaksanakan pemilihan.

Dijelaskannya, deklarasi damai yang dilaksanakan bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sesuai dengan peraturan perundang – undangan. Menciptakan Pilkades yang jujur, aman, adil dan berkualitas sertabmenjaga situasi yang tertib dan kondusif.

Deklarasi Damai Pilkades serentak di Kabupaten Asahan Tahun 2022 itu terlihat dihadiri Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, Ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades.

Pewarta : Syahroel

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button