AsahanDaerah

Pemkab Asahan Laksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2023

Kisaran,mitratoday.com – Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023, Kamis (17/03/2022).

Dalam Musrenbang RKPD tersebut Bupati Asahan, H Surya BSc meminta kepada Kepala OPD untuk konsisten dalam mempedomani program prioritas yang sudah ditetepakan dalam RPJMD Tahun 2021 – 2026.

“Pelaksanaan musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2023 ini bertema dengan kolaborasi perencanaan pembangunan daerah kita sukseskan 10 program prioritas guna mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.” Kata Bupati.

Tema ini, kata Surya disusun bertitik tolak dari isu strategis pembangunan yang dihadapi saat ini serta kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi, juga sesuai dengan pendekatan perencanaan tematik, holistik, integratif dan spesial.

Bupati juga meminta kepada tim koordinasi penguatan sistem inovasi daerah dan perguruan tinggi dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan gerakan inovasi untuk mendukung mempercepat terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Drs. H. Zainal Aripin Sinaga MH selaku Ketua Panitia Musrenbang RKPD Tahun 2023 dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain membahas rancangan awal RKPD berdasrkan renja perangkat daerah dan penelahaan terhadap RKP, RKPD Provinsi, Program Strategis Nasional dan Provinsi.

Selanjutnya untuk mensinkronkan prioritas dan sasaran pembangunan dengan mengacu arah kebijakan pembangunan 10 program prioritas Kabupaten Asahan, mempertajam indikator atas kinerja program dan kegiatan program prioritas, serta menyepakati bersama prioritas pembangunan dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2023.

Sedangkan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Aset dan SDA Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho yang turut hadir dalam acara itu mewakili Gubernur menyampaikan bahwa penyusunan RKPD dilakukan dengan penguatan pelaksanaan strategi dan kebijakan kolaborasi perancangan pembangunan daerah, gagasan 3 – SP melalui upaya membangun sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses pencapaian serta penerapan money follow program priority sehingga kebijakan penganggaran yang dilakukan berbasis pada program prioritas Provinsi/Kabupaten/Kota dan Nasional.

Arief Sudarto juga berharap pelaksanaan musrenbang RKPD ini dapat meningkatkan esensi peran publik dalam mendiskusikan beberapa hal yang sangat penting untuk perencanaan kedepan yang lebih baik.

Semoga melalui penyelenggaraan Musrenbang ini program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi saat ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat, pungkas Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara itu.

Pewarta : Syahroel

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button