DaerahHeadlineMalang

Pemkab Dirikan 4 Posko Pantau Bencana Alam, Ini Lokasinya

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Potensi bencana yang cukup besar menjadikan Pemkab Malang berpikir keras untuk meminimalisasi bencana tersebut.

Salah satunya adalah dengan mendirikan posko pantau bencana di Kabupaten Malang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Drs Bambang Istiawan menyebutkan ada 4 Posko yang didirikan, diantaranya Ngantang, Tumpang, Gedangan dan Tirtoyudo.

Alasannya karena di keempat pos tersebut potensi bencananya cukup besar, selain banjir, longsor dan juga potensi bencana alam lainnya.

“Seperti di Ngantang kan potensinya gak hanya banjir ,longsor tapi juga potensi bencana gunung meletus,” ujar Bambang Istiawan, senin (15/11/2021).

Idealnya, lanjut Bambang, disetiap wilayah harus tersedia posko bencana tersebut, namun, saat ini menurut Bambang, di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang sudah ada Satgas tanggap bencana.

Selain mendirikan Posko di 4 wilayah, tutur Bambang Istiawan, pihaknya juga terus melakukan mitigasi kepada masyarakat. Mitigasi tersebut berupa penyuluhan dan sosialisasi pencegahan dan penanganan bencana alam yang sulit diprediksi kejadiannya.

“Sosialisasi tersebut intinya memberikan wawasan ke masyarakat, mulai tanda-tanda bencana, upaya pencegahan dan penanganannya, harapannya masyarakat akan tahu dan mengerti apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam. Ini juga bagian untuk meminimalisir korban bencana alam di Kabupaten Malang,”pungkas Bambang Istiawan.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: