DaerahHeadlineMalang

Pemkab Malang Dapat Tugas Khusus Dari Pemerintah Pusat, Ini Tugasnya

Malang,mitratoday.com – Progres Pembangunan di Kabupaten Malang terus dimonitoring tidak hanya oleh Pemprov Jatim tapi juga Pemerintah Pusat.

Terbaru, Kabupaten Malang dipersiapkan menjadi salah satu wakil Indonesia diajang Internasional berupa nominasi Clean City, dan penunjukkan Kabupaten Malang menjadi eco tourism non Karbon dari Kementerian Pariwisata.

Untuk menjadi Clean City (Kota Bersih) dan Eco Tourism tersebut banyak yang akan dikerjakan Pemerintah dengan melibatkan berbagai stakeholder dan masyarakat. Seperti di program Clean City, menurut Bupati Malang HM Sanusi, tidak cukup dengan hanya mengandalkan Dinas Lingkungan Hidup saja. Tapi juga melibatkan berbagai OPD yang ada.

“Tentunya juga masyarakat Kabupaten Malang,” ujar Sanusi sabtu (9/7/2022).

Ia mencontohkan seperti peran Dinas Pendidikan lewat guru-guru yang ada disekolah.

Sanusi menyebutkan dari hasil Kunjungan Kerjanya ke Denmark, program kebersihan lingkungan disana sudah masuk ke kurikulum pendidikan terutama pembentukan karakter.

Contohnya Saat saya kesana (Denmark) disana itu meski hutannya lebat tapi gak ada sedikitpun daun-daun yang berguguran itu berserakan dijalan, semuanya sangat bersih,” beber Sanusi.

Anak kecil hingga orang dewasa di Denmark dinilai Sanusi mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan. Ini karena ada semacam karakter yang sudah ditanamkan sejak kecil. Bahkan meski masyrakatnya memiliki mobil sekalipun, mereka lanjut Sanusi tidak mau membuang sampah sembarangan dengan mengumpulkan sampahnya di kantong yang ada di mobil.

“Baru kemudian saat melihat ada tempat sampah, mereka membuang ditempat sampah tersebut, ini contoh budaya dan karakter masyarakat disana yang perlu ditiru,” ucap Sanusi.

Kebiasaan masyarakat jerman yang lebih senang menaiki sepeda pancal juga menjadi uoaya untuk menjaga kebersihan udara.

Selain bersepeda masyarakatnya lebih suka berjalan kaki saat beraktifitas. Makanya saat berada dihotel, Sanusi sempat bingung mau kemana usai berkegiatan resmi.

Hal-hal inilah yang akan digarap Pemerintah untuk menjadikan Kabupaten Malang sebagai Clean City. Utamanya adalah membentuk karakter hidup bersih masyarakat dan membiasakan buang sampah pada tempatnya.

“Untuk itu saya mengajak para guru di Kabupaten Malang ini untuk menanamkan pendidikan karakter terhadap siswanya,” pungkas Sanusi.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button