Home » Daerah » Pemkab Malang Jadwalkan Lantik Kades Terpilih Bulan Oktober Mendatang

Pemkab Malang Jadwalkan Lantik Kades Terpilih Bulan Oktober Mendatang

Malang,mitratoday.com-Pemerintah Kabupaten Malang menjadwalkan pelantikan 269 Kepala Desa terpilih hasil Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak minggu(30/6) lalu pada bulan Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs.H Suwadji.Msi saat di hubungi Mitratoday.com menjelaskan pelantikan 269 Kades terpilih tersebut akan di laksanakan paling lambat tanggal 10 Oktober 2019 , dengan catatan proses persiapannya telah selesai di laksanakan.

Ia menilai , meski pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan kondusif , namun masih ada beberapa catatan maupun kritik dari berbagai pihak seperti Malang Corruption Watch (MCW) , hingga tertangkapnya pelaku judi botoh yang telah ditangkap aparat Kepolisian dari Polres Malang, akan dijadikan bahan evaluasi bagi Pemkab Malang.

Kami sangat mengapresiasi semua pihak , karena telah sukses menyelenggarakan Pilkades dengan aman lancar, aman dan suasana tetap kondusif, ini bukti bahwa seluruh masyarakat memiliki rasa kebersamaan yang kuat untuk berkomitmen menjaga pelaksanaan Pilkades tetap aman dan kondusif ,”ujar Suwadji senin (8/7).

Ia menyebut dari 269 kades terpilih, terdapat 213 petahana yang terpilih kembali.
Disinggung tentang adanya 6 desa penyelenggara Pilkades yang melayangkan gugatan ke Pemkab Malang , Suwadji mengaku pihaknya akan mempelajari dulu materi gugatan tersebut.

Diketahui 6 desa penyelenggara Pilkades melayangkan gugatan ke Pemkab Malang . 6 desa tersebut diantaranya desa Wirotaman, desa Sonowangi, Desa Jambearjo, desa Pandansari Lor,desa Kebonagung dan desa Pandesari.

“Kami akan pelajari dulu materi gugatan tersebut, setelah itu kami akan panggil pihak-pihak terkait di 6 desa tersebut untuk meminta klarifikasi terhadap materi gugatan tersebut,”tandas Mantan Kabag Humas Pemkab Malang tersebut.

Suwadji melanjutkan dari hasil klarifikasi tersebut , pihaknya meminta pihak-pihak tergugat tersebut menyampaikan tanggapan atas meteri gugatan yang di layangkan pihak-pihak yang mempermasalahkan hasil Pilkades tersebut.

Suwadji juga menghimbau agar semua pihak terkait menerima dan menghormati proses dan tahapan yang dilakukan DPMD terhadap gugatan pelaksanaan Pilkades tersebut.

(GT)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.