DaerahHeadlinejawa Timur

Pemkab Malang Kembali Raih Penghargaan WTP dari BPK RI

Kabupaten Malang,Mitratoday.com – Sempurna !!! Prestasi membanggakan kembali di raih Pemerintah Kabupaten Malang, bagaimana tidak , Kabupaten terbesar kedua di Jawa Timur ini kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Prestasi ini di raih berkat kerjasama semua pihak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang berhasil menyelenggarakan prinsip akuntansi keuangan dengan baik.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Malang, Untung Sudarto mengatakan, diraihnya Opini WTP tersebut setelah seluruh proses transaksi keuangan Pemkab Malang yang telah diaudit BPK RI tahun 2017 tidak ditemukan permasalahan.

Bupati Malang DR H Rendra Kresna di dampingi Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko menerima penghargaan itu sendiri di kantor BPK RI cabang Jawa Timur Sidoarjo jumat(25/5).

“Ini bukti keseriusan kinerja Pemerintah Kabupaten Malang yang berhasil menyusun prinsip akuntansi keuangan dengan baik,”ujar Bupati Malang Rendra Kresna saat di hubungi Mitratoday.com jumat (

Sementara itu Kabag Humas dan Protokol Pemkab Malang Untung Sudarto menambahkan bahwa Opini WTP yang diterima tahun ini merupakan yang keempat berturut-turut diraih Pemkab Malang.

Opini WTP ini , ujar Untung, diketahui menjadi predikat tertinggi dalam hasil audit BPK dalam laporan keuangan Pemda. Dengan menggunakan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara yang ditetapkan dengan Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2007 pemeriksaan berkala keuangan tersebut untuk memberikan pendapat (opini) tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

Dasar utama pertimbangan BPK dalam memberikan opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yakni kewajaran penyajian pos-pos laporan keuangan dalam semua hal yang material dibandingkan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Kewajaran itu bukan berarti kebenaran mutlak atas suatu transaksi, melainkan kewajaran atas hal-hal sesuai material atau yang signifikan atas penyajian laporan keuangan.

“Dengan diraihnya Opini WTP tersebut, Bapak Bupati mengharapkan untuk tetap dipertahankan dan dan di tingkatkan ,” tutup Untung Sudarto.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button