DaerahHeadlineMalang

Pemkab Malang Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Pemerintah Kabupaten Malang kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia kategori Utama kepada Pemkab Malang yang diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Harry Setia Budi, SSTP, M,Si beberapa hari lalu di Jakarta.

Usai diterima, Penghargaan tersebut diserahkan kepada Bupati Malang HM.Sanusi di Peringgitan Pendopo Pemkab Malang pada hari Senin (27/9/2021).

Selain penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Menteri PP dan PA juga menyerahkan secara simbolis penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) peringkat Madya tahun 2021.

Usai menerima penghargaan, Sanusi didampingi Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima Pemkab Malang tersebut.

Alhamdulillah, ini bukti berkomitmen Pemerintah Kabupaten yang telah berupaya serius melaksanakan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) ataupun peduli terhadap kesetaraan gender,”ujar Sanusi.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Harry Setia Budi, SSTP, M,Si menjelaskan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga kepada Pemerintah Daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan dalam kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Bagi Pemkab Malang, Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan kementerian kepada pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG),”kata Harry Setia Budi.

Ia menyebut ada 7 Komponen Kunci Penilaian yang ditekankan, diantaranya Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, SDM dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Partisipasi Masyarakat. Di Kabupaten Malang sendiri , Pemkab lanjut Harry telah memenuhi 7 Komponen tersebut sehingga mendapatkan penghargaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA RI.

Prestasi ini imbuh Harry tidak lepas dari dukungan Bupati dan Wakil Bupati Malang yang terus meminta kepada satuan perangkat kerja Pemkab Malang untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Dukungan penuh Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Pemkab Malang telah berupaya keras dalam peletakan dasar dan kesinambungan program pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sesuai arahan Bupati, kita akan terus mendorong tumbuhnya inovasi dalam peningkatan pelayanan publik untuk kelompok rentan (disabilitas, perempuan,  anak dan kelompok lainnya yang belum menerima akses, manfaat, partisipasi dan kontrol) pada tataran kebijakan, peran serta masyarakat dan dunia usaha,”beber Harry Setia Budi.

Terlebih, tutur Harry, Presiden Joko Widodo juga memberikan arahan bagi pemerintah daerah agar menginisiasi dari kaum perempuan untuk menjabat sebagai kepala dinas di organisasi perangkat daerah.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: