DaerahMalang

Pemkab Malang Tandatangani Kerjasama Antar Daerah Pengan Pemkab Blitar

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Pemerintah Kabupaten Malang menandatangani nota kesepakatan pembangunan antar daerah dengan Pemkab Blitar senin (22/11/2021).

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut dilakukan oleh Bupati Malang HM Sanusi dengan Bupati Blitar, Rini Syarifah di Pendopo Pemkab Malang jalan H Agus Salim Kota Malang.

Sanusi menyebutkan ada banyak kesamaan potensi kedua daerah tersebut mulai sektor pertanian, perikanan dan peternakan, dengan beberapa kesamaan tersebut kata Sanusi berpeluang untuk semakin di tingkatkan.

“Caranya dengan pertukaran teknologi ,potensi dan kolaborasi antar kedua daerah , terutama soal jalan perbatasan antara Kabupaten Malang dan Blitar yang harus ditingkatkan lewat kolaborasi ini agar nantinya dengan kualitas yang bagus akan mendongkrak perekonomian masyarakat di perbatasan daerah,” kata Sanusi.

Khusus di sektor Perikanan, Sanusi menyebutkan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar sendiri juga sama-sama menjadi daerah yang mengembangkan potensi budidaya ikan nila kualitas ekspor.

“Agar semakin maksimal, konsep budidaya dan pemasaran ikan nila tersebut nantinya akan dikolaborasikan lewat sinergi antar daerah perbatasan. Sedangkan di sektor lainnya, saat ini Kabupaten Malang sudah memiliki sekitar 76 item produk yang sudah diekspor ke berbagai negara tujuan.” Ujar Sanusi.

Sementara Kepala Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Malang, Dyah Ekawati Nicotiana menjelaskan, adanya kerjasama pembangunan antar kedua daerah ini sesuai dengan Permendagri no 22 tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah (PP) no 28 tahun 2018 tentang kerjasama antar daerah.

Menurutnya, karena sudah diatur dengan Permendagri dan PP tersebut, menjadi tugas daerah yang berbatasan langsung untuk mensinergikan berbagai program pembangunan terutama yang berhubungan dengan wilayah perbatasan.

“Kan saling tukar teknologi, terkait potensi yang dimiliki, terutama sarana jalan yang menjadi batas antara Kabupaten Malang dan Blitar,” tandas Dyah Ekawati.

Selain jalan perbatasan, ada beberapa potensi yang bisa diangkat melalui kerjasama tersebut, di antaranya sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan Perikanan.” Tambahnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: