Pemkab Tanjabbar Kembali Terima Piagam WTP Tahun Anggaran 2020

Pewarta : Armain

Tanjung Jabung Barat, mitratoday.com-Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati Drs H Anwar Sadat, M Ag menerima piagam opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD Tahun Anggaran 2020, dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, bertempat di gedung Pola Utama, Kamis (21/10/2021).

Selain penyerahan piagam, juga ada penyampaian terkait sinergi Percepatan Realisasi Belanja Daerah, Progres DAK Fisik, Dana Desa dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dan dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Kepala KPPN Kuala Tungkal, OPD Terkait, dan Kepala Perbankan se Tanjung Jabung Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya, atas suksesnya pelaksanaan MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi di Tanjung Jabung Barat beberapa waktu lalu.

“Kami kesini dalam rangka memberikan penghargaan berdasarkan hasil Rakernas pada tanggal 14 september lalu, diantaranya ada 11 Pemda di Provinsi Jambi memperoleh WTP, dan salah satunya Kabupaten Tanjung Jabung Barat memperoleh Opini WTP 3 tahun berturut-turut, dan semoga Tanjung Jabung Barat bisa WTP untuk tahun-tahun selanjutnya,” ujarnya.

Kepala Kanwil DJPB juga menyampaikan, mengenai progres realisasi belanja khususnya dari belanja daerah dan juga lebih khususnya lagi belanja daerah melalui KPPN Kuala Tungkal terkait DAK Fisik dan Dana Desa.

“Melihat dari segi pendapatan sejak tahun 2017-2021, alhamdulillah Kabupaten Tanjung Jabung Barat makin bagus dari sisi pendapatan, dan tentunya kami mengharapkan PAD ini untuk terus digali,” ungkapnya.

“Dalam hal ini Kemenkeu tentunya siap untuk berkoordinasi dan memberikan layanan terbaik untuk Pemkab Tanjung Jabung Barat,” tambahnya?

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kanwil DJPb dan jajarannya, atas beberapa catatan dan apresiasi terhadap Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Dapat kami sampaikan bahwa WTP yang diterima oleh Pemkab Tanjung Jabung Barat adalah merupakan upaya kerja kita semua. Perlu kami informasikan bahwa walaupun LKPD tahun anggaran 2018, 2019 dan 2020 telah memperoleh opini WTP, namun masih banyak terdapat beberapa catatan BPK yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut, ini merupakan penghargaan sekaligus warning untuk cepat menyikapi temuan-temuan dari WTP terutama bagi OPD yang memang menjadi temuan,”tandas Bupati.

“Untuk OPD yang masih rendah serapannya dan yang berkaitan dengan pelayanan dasarnya agar menjadi perhatian untuk berpacu bergegas mempercepat proses penyerapan anggaran yang telah diberikan apalagi kaitannya dengan APBN sehingga serapan anggaran dapat dibelanjakan dan ini manfaatnya bagi perekonomian masyarakat,” tambah Bupati.

“Besar harapan kami kiranya kerjasama dan edukasi yang baik ini terus terjalin dalam rangka peningkatan kinerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam rangka penyerapan anggaran belanja yang efektif dan efisien, dan kami berharap Bapak Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan menjadi jembatan komunikasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat terkhusus Kementerian Keuangan Republik Indonesia sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan sinergitas realisasi belanja dan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Bupati.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close