Pemohon Adminduk Tetap Stabil, Meski Bulan Puasa

Pewarta : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Kendati berada dibulan suci Ramadhan, namun jumlah pemohon administrasi Kependudukan di Kabupaten Malang relatif stabil.

“Jumlah pemohonnya relatif stabil,antara 1.500 hingga 1.700 pemohon setiap harinya. Artinya kan gak pengaruh ya meski berada dibulan Ramadhan,”kata Plt Kadispendukcapil Kabupaten Malang, Drs Sirath Aziz Msi kepada Mitratoday.com selasa (20/4/2021).

Dispendukcapil sendiri di bulan Ramadhan kali ini tetap melakukan jemput bola Adminduk dengan mobile berkeliling ke wilayah-wilayah, mengusung inovasi Plat N dan Jemput Bola Administrasi Penduduk (Jebolanduk) yang dilakukan secara bergiliran.

“Seperti yang dilakukan hari ini di wilayah Kecamatan Gondanglegi, tepatnya di desa Sukosari.” Tandasnya.

Kendati lokasi desa Sukosari dekat dengan Kantor Dispendukcapil, Sirath mengaku pihaknya ingin mengakomodir bagi masyarakat yang enggan datang ke kantor maupun yang belum paham cara mengurus adminduk yang dibutuhkan.

“Ini kami antisipasi, jangan sampai saat ada keperluan yang membutuhkan kartu identitas, mereka tidak memilikinya,”tukas Sirath Aziz.

Sirath membeberkan hlbahwa Dispendukcapil sendiri bekerjasama dengan pihak kecamatan dan desa. Guna terus mensosialisasikan terkait kemudahan-kemudahan pengurusan adminduk yang ada di inovasi yang dimiliki. Artinya, masyarakat bebas memilih inovasi yang disediakan untuk mengurus adminduk.

“Sosialisasi ini perlu terus kita lakukan, karena kami menilai masih ada saja masyarakat yang beranggapan bahwa mengurus adminduk itu ribet dan sulit, padahal anggapan seperti itu salah. Semua kemudahan sudah kita sediakan di inovasi-inovasi tersebut,”tandas Sirath Aziz.

Bahkan bukti kemudahan yang disediakan tersebut seperti inovasi DESAKU TUNTAS yang diluncurkan bulan Maret 2021 lalu yang dinilai merupakan inovasi puncak lantaran pengurusan adminduk tersebut sudah bisa diselesaikan di tingkat Desa.

“Jika diawal diluncurkan layanan DESAKU TUNTAS diikuti oleh 48 desa, dalam waktu dekat desa di 5 kecamatan akan ikut melayani adminduk DESAKU TUNTAS,” pungkas Sirath Aziz.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close