BengkuluDaerahHeadline

Pengurus BUMDes Dituntut Kreatif dan Pandai Mencari Peluang Usaha

BENGKULU UTARA – Pemerintah Desa Penyangkak Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara menggelar Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Balai Serba Guna Desa Penyangkak, Minggu (31/12/2017) pukul 10.00 WIB.

Pemerintah Desa Penyangkak menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Adit, yang dalam acara tersebut menyampaikan tentang trik-trik mengelola BUMDes dengan baik.

Sekretaris Desa Penyangkak, Agus Sulistio, mengharapkan kepada pengurus BUMDES agar dapat merealisasikan Dana demi kemajuan dan kepentingan masyarakat.

“Setelah pelatihan ini nanti, saya harapkan pengurus BUMDes dapat bekerja secara maksimal untuk kemajuan desa kita,” ungkap Sekdes saat menyampaikan sambutannya.

Pemateri, Adit, mengatakan bahwa BUMDes itu penting bagi kemajuan desa. BUMDes adalah salah satu jalan untuk mengembangkan Potensi Desa.

“Mengembangkan Potensi Desa lewat BUMDes itu di lihat dari sebahagian besar mata pencarian masyarakat, jika sebagian besar mata pencaharian masyarakat lebih condong kepada perkebunan, maka potensi yang harus dikembangkan oleh BUMDes adalah bidang perkebunan,” papar Adit.

BUMDes, lanjut Adit, harus mengacu kepada Undang-undang yang mengatur tentang BUMDes agar dapat berjalan dengan baik.

“Perlu diketahui BUMDes di atur oleh undang-undang, untuk itu pengurus harus mengacu kepada peraturan,” jelas Adit.

“Pengurus BUMDes harus membuat rencana-rencana usaha yang menjanjikan dan usaha yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat, untuk itu hendaknya pengurus BUMDes itu kreatif dan pandai mencari peluang usaha,” tutup Adit.(martin)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button