DaerahHeadlinejawa TimurMalang

Penting, Pemerintah Bangun Duiker Di Sejumlah Titik

Malang,mitratoday.com-Sejumlah duiker dibangun Pemkab Malang di tahun 2022 ini. Tiga diantaraya adalah duiker di Sukoanyar Kecamatan Wajak, Desa Ringinsari dan Sidomulyo keduanya di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Plt. Kepala Dinas PU Binamarga Suwignyo.ST.MT menyebut pembangunan dueker tersebut dinilai sangat penting jika melihat kondisi geografis Kabupaten Malang yang dihuni banyak aliran sungai besar maupun kecil.

“Ya harus diakui ya bahwa letak geografis Kabupaten Malang ini kan selain dihuni banyak pantai, bukit juga sungai baik itu sungai besar atau kecil,” ujar Suwignyo senin (17/10/2022)

Artinya dengan letak geografis seperti itu, laniut Suwignyo menimbulkan banyak potensi bencana banjir saat musim penghujan tiba.

Dengan potensi bencana banjir yang memungkinkan terjadi maka, adanya bangunan dueker tersebut dinilai Pemerintah sangat penting.

Pasalnya secara fungsi, dueker ini mampu mengalirkan air agar masuk ke aliran sungai atau saluran drainase lainnya sehingga tidak meluber ke jalan.

“Karena itulah kita bangun beberapa duiker seperti di Runginsari, Sidomulyo maupun yang ada di Sukoanyar Wajak dan beberapa wilayah lainnya terutama yang punya potensi resiko terjadinya banjir saat musim hujan. Karena manfaatnya juga sangat banyak ya, selain mengalirkan air agar masuk ke drainane atau sungai, adanya duiker ini kan juga sebagai alternatif agar jalan-jalan yang ada di Kabupaten Malang tidak tergerus air hujan,”beber Suwignyo.(Sigit)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button