ArtikelBantenDaerahHeadlinependidikanTangerang

Pentingnya Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia 

Oleh : Widya Agustia Iskandar Mahasiswa Universitas Pamulang Kota Tangerang

Manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah proses pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam suatu organisasi yang secara menyeluruh dengan mengkaitkan hubungan pekerjaan dan kebijakan serta pelaksanaan perekrutan, pelatihan, pengembangan, manajemen kinerja, dan imbalan untuk mencapai tujuan tertentu.

Manajemen SDM mempertimbangkan dampak yang akan terjadi pada seluruh sistem suatu organisasi dengan cara menerjemahan tujuan-tujuan organisasi ke dalam sistem-sisten manajemen SDM yang spesifik. Keberhasilannya sangat ditentukan oleh dukungan yang jelas pada misi dan strategi organisasi.

Di era ini sangat penting untuk memahami SDM dalam menghadapi persaingan global dan desakan dari dunia luar. Tanpa fungsi MSDM yang berjalan baik, maka individu yang ada di dalamnya tidak akan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Bagaimana cara memanajemen SDM dalam suatu organisasi?

1. Menganalisis Tujuan Organisasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisis tujuan dari organisasi itu sendiri, dengan begitu kamu bisa dengan mudah mengenali seperti apa SDM yang dibutuhkan oleh organisasi tersebut.

Lakukan analisis tujuan organisasi secara mendetail dan menyeluruh, karena semakin detail tujuan perusahaan makan semakin mudah bagi kamu untuk mengenali dan menggali potensi SDM organisasimu nantinya.

2. Mengenali SDM yang Sudah Ada

Selanjutnya adalah dengan mengenalasi SDM yang memang sudah ada di organisasimu, tujuannya adalah agar setiap SDM dalam organisasi dapat berfungsi dengan maksimal tanpa ada mal fungsi SDM.

Lakukan pemetaan potens SDM organisasi, contohnya dengan menghitung jumlah anggota yang aktif, anggota dengan potensi yang telah mencapai batas maksimal dan anggota yang masih terus dapat berkembang.

3. Prediksi Supply and Demand

Kamu harus mengetahui SDM seperti apa yang dibutuhkan oleh organisasimu saat ini dan nanti, serta bagaimana cara untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan kriteria organisasimu. Kamu bisa menggunakan beberapa pertimbangan seperti melihat perkembangan teknologi dan situasi sosial saat ini, anggaran dana saat ini dan prediksi keadaan keuangan dikemudian hari.

4. Merumuskan Strategi

Selanjutnya, kamu harus mengetahui apakah organisasimu sedang surplus atau justru sedang defisit sumber daya manusianya. Jika organisasi kamu sedang surplus, kamu bisa melakukan redeployment atau mengembangkan divisi baru,. Namun jika organisasimu sedang mengalami defisit SDM, kamu bisa melakukan rekrutmen baru atau mengadakan training khusus bagi anggota yang sudah ada.

5. Melakukan Monitoring Rutin

Setelah melakukan hal-hal di atas, selanjutnya lakukanlah monitoring dan controlling secara rutin. Kamu bisa melakukan evaluasi secara berkala terhadap strategi yang telah dilaksanakan.

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia yang baik dan matang, maka tujuan suatu organisasi akan lebih mudah tercapai. Jika langkah-langkah tersebut diimplementasikan secara optimal dan baik, maka kinerja dari seluruh anggota organisasi juga akan semakin meningkat dan tujuan organisasi pun terpenuhi.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: