DaerahMalang

Penyebaran Covid -19 di cluster Malang Utara menjadi yang tertinggi di Kabupaten Malang

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Kadinkes Dr.drg.Arbani Mukti Wibowo menyebutkan penyebaran covid -19 di cluster malang utara saat ini berada pada level 2,artinya penyebaran covid sangat masif.

“Kami menengarai adanya hubungan antara pasar pujon, Batu, Karangploso,Singosari ,dan Lawang dengan pasar Keputran Surabaya jadi salah satu penyebab penyebaran Covid-19 di cluster Malang Utara,”ungkap Arbani Mukti Wibowo selasa (9/6/2020)

Arbani mencontohkan, banyak pedagang yang membeli dagangan di Pujon,Batu, Karangploso,Singosari,Lawang, untuk dijual di Pasar Keputran Surabaya atupun sebaliknya, Arus perdagangan inilah yang ditengarai menjadi salah satu sebab masif nya penyebaran Covid-19 ,kan Surabaya masuk zona hitam.

Ditanya,upaya yang bisa dilakukan untuk mereduksi penyebaran yang cukup tinggi di cluster Malang Utara, Arbani mengaku cukup sulit melakukan pengawasan. Karena para pedagang juga membutuhkan biaya hidup.

“Sulit ya, karena para pedagang juga butuh biaya hidup, sebenarnya jika ads yang sanggup untuk mencukupi kebutuhan mereka (pedagang) minimal selama 14 hari,upaya untuk memutus penyebaran Covid tersebut bisa dilakukan, selain itu,selama kasus penderita Covid di Surabaya terus bertambah, kita akan sulit mereduksi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang dan Malang Raya, “ulas Arbani.

Yang bisa dilakukan saat ini,terang Arbani adalah melakukan pencegahan dengan melakukan rapid test ke pasar-pasar seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu di pasar lawang

“Dari 60 orang yang kami rapid test, 8 orang dinyatakan reaktif dan langsung kita isolasi melalui kampung tangguh. Selain itu kita terus berusaha mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan penyebaran Covid-19 ,apalagi kita saat ini tengah memasuki fase transisi menuju New Normal Life,”tutup Arbani.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button