DaerahSumatera Utara

Penyuluhan IVA TEST di Desa Sitinjo 1

penulis : Zef

Dairi,Mitratoday.com-Ketua TP.PKK Kab.Dairi Ny.Romi Mariani Eddy Berutu bersama pokja 4 didampingi Dinas kesehatan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan IVA TEST kepada PKK Desa Sitinjo 1,Senin (27/7/20), . Kunjungan kali ini merupakan rangkaian dari beberapa kunjungan yang telah dilaksanakan sebelumnya, terkait desa Sitinjo 1 sebagai desa percontohan untuk program pembinaan IVA Test.

Penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas kesehatan dibantu oleh pihak puskesmas Sitinjo dihadiri oleh TP.PKK Desa Sitinjo 1 dan anggota bahkan ada juga dari masyarakat khususnya ibu-ibu.

Melalui penyuluhan ini harapan kita semua deteksi dini untuk kesehatan ibu-ibu terutama untuk kesehatan reproduksi, bisa semakin meningkatkan,kesadaran akan pentingnya melakukan pemeriksaan dini akan mencegah penyakit, penyakit yang mungkin nanti akan sangat merugikan karena “mencegah lebih baik daripada mengobati” demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr.Ruspal Simarmata.

Ny.Romy Mariani Eddy Berutu juga menghimbau dan menganjurkan kepada ibu ibu PKK untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan pemeriksaan IVA TEST sehingga semua ibu-ibu dengan PUS (Pasangan Usia Subur) tidak enggan untuk memeriksakan diri ke bidan atau puskesmas.

Dari laporan kepala Desa,Parulian Kudadiri bahwa di Desa Sitinjo 1hampir 40% ibu-ibu sdh pernah malkukan IVA Test, dan Kepala Desa berharap dengan peranaktif dari Ketua TP.PKK akan semakin meningkatkan kesadaran dari ibu-ibu di Desa Sitinjo 1 untuk pemeriksaan IVA Test.

Pelayanan Pemeriksaan IVA Test ini bisa didapatkan setiap hari Rabu di Puskesmas Sitinjo tanpa dipungut biaya kata Kepala Puskesmas Sitinjo drg.Lusiana dan hari ini Pelayanan pemeriksaan IVA TEST langsung dilakukan setelah penyuluhan kepada 25 orang dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Semoga dengan peran aktif kita semua kesadaran akan pentingnya pemeriksaan IVA test semakin meningkat.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button