Home » Daerah » Bengkulu » Peran Usaha Angkutan Penumpang Umum Dalam Rangka Mendukung Wonderful Bengkulu 2020

Peran Usaha Angkutan Penumpang Umum Dalam Rangka Mendukung Wonderful Bengkulu 2020

Mitratoday.com-Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto buka Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Jasa Raharja di Hotel Mercure Bengkulu, (19/02).

FGD ini mengangkat tema “Peran Usaha Angkutan Penumpang Umum Dalam Rangka Mendukung Wonderful Bengkulu 2020”.

Sebagai salah satu sektor yang berperan penting dalam perkembangan dunia pariwisata, pemerintah provinsi Bengkulu terus menghimbau pelaku usaha transportasi untuk tertib dalam menjalankan usahanya. Diantaranya melengkapi kelengkapan administrasi,  keamanan dan keselamatan.

Selain itu juga diharapkan  memberikan kenyamanan dan kesan yang baik bagi pengguna jasa transportasi sebagai upaya mendukung Bengkulu menjadi destinasi wisata kelas nasional maupun internasional.

“Karena berbicara peran, kita menginginkan peran yang dimainkan oleh kalangan dunia usaha jasa transportasi,  bagaimana menyediakan transportasi yang aman dan nyaman maka FGD ini diharapkan menghasilkan pemahaman bagaimana menciptakan transportasi umum yang aman dan nyaman,” jelas Gotri.

Selain faktor kendaraan, menurut Gotri perlu juga edukasi terhadap para driver, baik berupa pemahaman cara berlalu lintas maupun wawasan umum khususnya tentang objek pariwisata  yang ada di provinsi Bengkulu.

“Kualitas SDM driver sangat menentukan keamanan dan kenyamanan perjalanan. Para driver hendaknya juga komunikatif dan membantu mempromosikan destinasi wisata, sehingga para wisatawan tertarik untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang tersebar di kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Jasa Raharja Bengkulu Abdul Haris menjelaskan FGD ini salah satu tujuannya adalah mendorong pengusaha jasa transportasi untuk mengurus izin usahanya sehingga para pengguna mendapatkan perlindungan asuransi.

“Ada dua belas  pengusaha yang sudah memiliki izin, namun masih banyak pengusaha yang tidak memiliki izin. Yang tidak memiliki izin inilah kita dorong bersama untuk mengurus perizinan sehingga bisa  memberikan kenyamanan kepada penumpang dan bila terjadi kecelakaan kami dari Jasa Raharja bisa memberikan perlindungan asuransi,” papar Haris.

Diharapkan ada titik temu antara keinginan pengusaha, keinginan regulator terutama dalam rangka mendukung Wonderful Bengkulu 2020.(MC-FR)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.