DaerahHeadlineOlahragaSerdang BedagaiSumatera Utara

Perdana, Festival Pencak Silat Budaya Indonesia Tahun 2022 di Sumut Sukses Digelar

Serdang Bedagai,mitratoday.comPemkab Serdang Bedagai menjadi tuan rumah berlangsungnya Festival Pencak Silat Budaya Tahun 2022 Tingkat Sumatera Utara yang berlangsung dari 19 sampai 21 Juni 2022 di Gedung Olahraga Kawasan Replika Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan.

Turut menghadiri kegiatan yakni Bupati Serdang Bedagai di wakili Kadis Poraparbud Drs Zulfikar, Ketua KORMI Sumut diwakili Sekretaris Budi Syahputra, Ketua Panitia Festival Pencak Silat Budaya se Sumut, Ketua APPBSI, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Serdang Bedagai, Pegiat Pencak Silat Singapore, Perwakilan OPD Dinas Sosial di wakili Sekretaris, Kabid Dinsos, dan peserta Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyebutkan di selenggarakan Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut untuk menjunjung program pemerintah dalam rangka mensosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem olahraga nasional, dan UU Tahun 2002 yang di bagi menjadi 3 bagian, diantaranya olah raga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga masyarakat.

“Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut ini di ikuti perguruan pencak silat budaya se Sumut, perguruan pencak silat Jawa Barat, perguruan pencak silat Sumatera Barat, Perguruan Pencak Silat dari Singapore, dan APPBSI 6 Kabupaten/kota dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang,” terangnya, Minggu (19/6/2022).

Sementara itu Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya di wakili Kadis Poraparbud Sergai Drs Zulfikar menyambut baik terlaksananya Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut yang pertama kali dilaksanakan pasca Pandemi covid19.

“Tentunya berkat dukungan dan kerjasama semua pihak Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut Tahun 2022 dapat diselenggarakan dengan Pemkab Serdang Bedagai menjadi Tuan Rumahnya,” ujarnya.

Kadis Poraparbud menambahkan, bahwa dalam waktu dekat pada tanggal 23 Juni 2022 Menteri Parekraf akan datang mengunjungi Serdang Bedagai untuk melihat Desa Wisata Buluh Duri di Sipispis, karena masuk nominasi 50 Besar Desa Wisata se Indonesia.

“Ditambah lagi Sergai termasuk nomor kedua dalam peningkatan kunjungan wisata. Tentunya dengan adanya Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut ini dapat memberikan daya dukung bagi peningkatan pariwisata di Serdang Bedagai,” tuturnya.

Kadis Poraparbud juga menitipkan pesan kepada Tim Percepatan Pembangun Serdang Bedagai kiranya dapat mengusulkan dan memperjuangkan ke pusat untuk pembangunan gedung olahraga yang lebih besar lagi.

Terakhir Sekretaris KORMI mengungkapkan bahwa Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut Tahun 2022 ini sekaligus untuk memperkenalkan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia.

“Dengan kehadiran Pencak Silat ini sebagai sarana untuk terus membumikan dan membudayakan Pencak Silat sebagai Budaya Nasional. Karenanya itu Kormi hadir sebagai wadah tempat berkumpulnya olahraga masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Budi Syahputra, dalam UU Sistem Olahraga Nasional ada 3 bagian, yaitu olahraga prestasi dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC), Olahraga Masyarakat dibawah Naungan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi), dan olahraga pendidikan dibawah naungan Bapopsi.

“Bagi perguruan pencak silat yang juara dalam Festival Pencak Silat Budaya Indonesia se Sumut ini nantinya akan mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional ke VI di Palembang Sumatera Selatan,” tutupnya.

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button