DaerahHeadlineKesehatanSerdang BedagaiSumatera Utara

Peresmian UPT Puskesmas Sialang Buah Serdang Bedagai

Sei Rampah,mitratoday.comBupati Serdang Bedagai Melalu Wakil Bupati meresmikan Gedung Unit Pelayanan Terpadu Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (11/1/2022).

Wakil Bupati menyampaikan, dengan adanya bangunan baru UPT Puskesmas tersebut, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan prima. Seluruh tenaga medis UPT Puskesmas Sialang Buah dapat menjalankan tugas pelayanan kesehatan masyarakat, terkhusus warga Teluk Mengkudu, dan kepada masyarakat Serdang Bedagai secara umum.

“Saya Berharap Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Melayani dengan adil tanpa membedakan status warga yang datang.” Kata Wabup.

Sesuai dengan semangat yang dirinya dan Bupati dalam Sapda (Sapta Dambaan) terkhusus pada poin kedua yaitu masyarakat sehat dan religius, ini tidak mungkin terwujud jika dalam prosesnya terjadi pengkotak kotak kan. Baik dalam strata ekonomi ataupun sosial, Bupati meminta semuanya harus dilayani dengan baik agar harapan masyarakat sehat tersebut bisa terwujud.

“Implementasi program vaksinasi tahap pertama saat ini sudah mencapai angka 75%, sedangkan untuk vaksinasi kedua ada di angka 51%. Mudah-mudahan dengan sinergitas dan soliditas seluruh pihak terkait, di akhir Januari kita bisa mencapai angka 60% untuk vaksin kedua. Seturut dengan harapan pemerintah pusat, semoga di tahun 2022 ini status pandemi sudah berakhir. Sehingga kita tidak lagi bicara soal Covid-19, namun sudah beranjak dalam proses optimalisasi ekonomi nasional dan fokus dalam membangkitkan perekonomian masyarakat.” Jelasnya.

Adlin menjelaskan, Program vaksinasi anak 6-11 tahun juga tidak lepas dari perhatiannya. Sesuai dengan laporan Kepala Dinas Kesehatan, berdasarkan data inputan dalam kurun waktu 4 hari pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak capaiannya sudah berada di kisaran 44%.

“Untuk data di KCP PEN (Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), angkanya ada di 32%. Ini capaian yang luar biasa dan kita menargetkan dalam beberapa hari ke depan sudah sampai di 70% untuk dosis pertama. Kalau ditotal dengan capaian seluruh vaksinasi di Sergai, persentasenya malah sudah sampai di 80%. Setelah proses ini selesai, tahapan selanjutnya kemungkinan adalah vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi masyarakat umum.” Terangnya.

Selain pembangunan infrastruktur kesehatan, dia juga mengatakan pada tahun 2022 ini Pemkab Sergai juga akan menaruh fokus pada tata kelola Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman demi menjadikannya sebagai fasilitas yang melayani dengan kualitas.

“Saya dan Bupati konsentrasi betul dengan pelayanan publik. Karena pelayanan kepada warga harus benar-benar maksimal. Semua yang kita kerjakan dan bangun ini pada akhirnya adalah untuk sebaik-baiknya bagi masyarakat.” Tegas Adlin.

Sementara itu sambutan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Serdang Bedagai, Hari Ananda S. Pd, M.SP, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja baik yang dilakukan oleh Bupati dan Wakilnya.

“Dengan pembangunan yang dilaksanakan pada hari ini, maka semboyan pasangan Darma-Adlin yang sebelumnya “Jalan Mulus, Ekonomi Bagus”, bisa ditambahkan dengan “Kesehatan Terus”. Mereka berdua ini adalah pemimpin yang bertanggung jawab terhadap masyarakat,” tuturnya.

Mewakili masyarakat Teluk Mengkudu, Hari Ananda menyampaikan terima kasih atas berdirinya UPT Puskesmas. “Kalau dilihat, rasanya UPT ini tidak lagi terlihat seperti puskesmas tapi sudah mirip rumah sakit tipe C.” Pungkas Poitisi Partai PPP ini.

Selanjutnya Kepala Puskesmas Sialang Buah, dr Eva Yuliana menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wabup dengan adanya UPT Puskesmas yang diresmikan. Ia mengaku, apa yang terlaksana mampu menambah semangat seluruh personil Puskesmas Sialang Buah dalam kerja pelayanan bagi masyarakat.

“Ini merupakan kado yang indah bagi kami di suasana Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai yang ke-18. Kami tentu akan memaksimalkan potensi yang ada semaksimal mungkin dengan mengedepankan profesionalitas.” Tandas dr Eva Yuliana.

Turut Hadir dalam acara peresmian tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat Teluk Mengkudu, Kapus Sialang Buah beserta jajaran, unsur Muspika Kecamatan, para Kepala Desa, Tokoh Agama dan Masyarakat. (Adv)

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: