AsahanDaerah

Peringati World Cleanup Day 2022, Bupati dan Forkopimda Asahan Gelar Gotong – Royong

Asahan,mitratoday.com – Dalam rangka memperingati hari bersih – bersih se dunia (World Cleanup Day) 2022, Bupati Asahan bersama Forkopimda melakukan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan Sutan Syahrir, dimulai dari simpang empat stadion Mutiara Kisaran menuju simpang empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/09/2022).

Sebelum bergotong royong, Bupati terlebih dahulu membuka kegiatan World Cleanup Day tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang digelar di Halaman Kantor Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati menyampaikan bahwa acara World Cleanup Day merupakan momen penting untuk mendukung visi Kabupaten Asahan mewujudkan masyarakat Sejahtera, Religius dan Berkarakter.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Asahan untuk dapat mengelola sampah dengan baik. Karena sampah bukan hanya tanggung jawab Pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama,” ujar H Surya BSc.

Kemudian khusus kepada perangkat daerah dan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Asahan diminta untuk dapat mendukung pelaksanaan dan mensosialisasikan secara masif Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 6 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah.

“Selanjutnya memberi contoh kepada masyarakat dalam mengelola sampah dari sumbernya, yaitu dari rumah dan laksanakan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yaitu mengurangi, menggunakan kembali, serta mendaur ulang. Tanamkan dan sosialisasikan moto “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”. Serta bersama – sama perangi sampah karena sampah bukan warisan untuk anak cucu kita,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dari limbah yang tidak dikelola dengan baik.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan rasa bahwa sampah adalah tanggung jawab bersama serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dan berpartisipasi dalam pengelolaan sampah menuju perubahan Asahan bebas sampah 2025.” Terangnya.

Dalam kesempatan itu Rahmat Hidayat menyampaikan bahwa dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan setiap harinya mengangkut sampah sebanyak lebih kurang 76 Ton dari 9 Kecamatan.

“Khusus untuk dari jalan Sutan Syahrir yang dijadikan pusat gotong – royong ini dinas Lingkungan Hidup setiap hari mengangkut lebih kurang 13 Ton sampah yang berasal dari masyarakat di sekitar jalan tersebut,” tandasnya.

Pewarta : Syahroel

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button