DaerahHeadlineriau

Pertama kali nya, Tour de Siak Masuk 100 Wonderful Events Kemenpar

Siak,mitratoday.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sudah mengeluarkan calender of eventsc 2019. Balap sepeda bertaraf internasional Tour de Siak (TDSi) nangkring pada kalender event bergengsi tersebut.
Dilansir dari tribunsiak.com, ini kali pertama TDSi masuk ke dalam 100 wonderful events yang dirilis Kemenpar. TDSi yang telah berlangsung sejak 2013 lalu itu berhasil menyingkirkan event tradisi yang sudah mengakar di Kuantan Singingi (Kuansing), yaitu Pacu Jalur, dari 100 wonderful events Kemenpar.
“Alhamdulillah, berkat doa dari kawan-kawan semua, bahwa event TDSi kita masuk dalam Top 100 Event Nasional 2019, menyingkirkan yang masuk pada tahun kemarin, Pacu Jalur di Teluk Kuantan. Aamiin YRA,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Siak, Basriansyah, Jumat (21/12/2018).
TDSi mewakili provinsi Riau pada calender of events bersama Festival Bekudo Bono, di kabupaten Pelalawan dan Festival Bakar Tongkang di Rokan Hilir (Rohil).
Hal tersebut tertuang pada keputusan Menpar nomor : km/162//HM.304/MP/2018, tentang penetapan 100 wonderful events dan 10 top nasional events sebagai calender of events Kemenpar 2019.
Sementara events Bintan Triathlon di pulau Bintan, provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi urutan I pada 10 top nasional events 2019. Java Jazz Festival dan Grand Carnaval Indonsia di DKI Jakarta berada diurutan II dan III.
Menurut Basriansyah, pihaknya perlu secara konsistensi menyelenggarakan event TDSi selama 7 kali berturut-turut untuk dapat nangkring di wonderful Indonesia. Events bisa berada pada 100 events terbaik secara nasional karena konsistensi serta kualitasnya di tingkatkan.
“Saya tidak menyangka kita dapat berada pada level ini. Bahkan mengalahkan pacu jalur yang memang sangat merakyat,” kata dia.
Pihaknya akan terus melaksanakan promosi wisata Siak secara nasional dan internasional. Bahkan ada hajatan menggelorakan promosi sesuai dengan jadwal events di kabupaten Siak.
“Wisata sejarah dan religi masih menjadi andalan kita. Sport tourism yang kita gelar untuk meramaikan wisata tersebut,” kata dia.
Ini dia data 100 Wonderfull Events Kemenpar 2019 di Riau, Kepri dan Sumbar dan daftar top 10 nasional events 2019.
Riau :
1. Festival Bekudo Bono -Pelalawan
2. Festival Bakar Tongkang – Rohil
3. Tour de Siak – Siak
Kepri :
1. Festival Pulau Penyengat
2. Festival Bahari Kepri
3. Batam International Culture
4. Tour de Bintan
5. IronMan 70.3 Bintan
Sumbar :
1. Festival Pesona Budaya Minangkabau
2. Pasa Harau Art dan Culture Festival
3. Tour de Singkarak
Daftar Top 10 National Events :
1. Bintan Triathlon – Kepri
2. Java Jazz Festival – DKI Jakarta
3. Grand Carnaval Indonesia -DKI
4. Asia Afrika Festival – Jabar
5. Borobudur Marathon -Jateng
6. Banyuwangi Etchnic Carnaval – Jatim
7. Jember Fashion Carnaval – Jatim
8. Sanur Village Festival – Bali
9. Pesta Kesenian Bali – Bali
10. F 8 Makassar 2019 – Sulsel
(Randi Mahesha)
Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button