Home » Daerah » Petik Laut Sendangbiru, Bupati Malang Sempatkan Ikut Larung ke Tengah Laut

Petik Laut Sendangbiru, Bupati Malang Sempatkan Ikut Larung ke Tengah Laut

Malang,Mitratoday.com-Setelah 4 tahun tanpa kehadiran Bupati Malang , ditangan Bupati Sanusi,perayaan syukuran petik laut Sendang biru menjadi meriah dengan kehadiran politikus PKB tersebut.

Buktinya antusias masyarakat begitu besar untuk menyaksikan event yang telah menjadi agenda tahunan pariwisata Kabupaten Malang tersebut.

Petik laut sendiri merupakan tradisi turun temurun yang diadakan masyarakat nelayan dusun Sendangbiru desa Tambakrejo sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan membawa berbagai Tumpeng dari hasil laut,masyarakat sendangburu kompak menggotong gunungan hasil laut tersebut untuk dilarung ditengah laut.

“Ini tradisi turun temurun masyarakat nelayan sendangbiru atas melimpahnya hasil laut selama ini,”kata ketua panitia Petik laut Sumadji kepada Mitratoday.com, Jum’at (27/9/2019).

Sementara Bupati Malang Drs.HM Sanusi, MM mengaku bersyukur bisa menyambangi masyarakat di pesisir selatan Kabupaten Malang ini.

Apalagi momentnya sangat pas yaitu Perayaan Petik Laut Sendangbiru yang sudah menjadi agenda tahunan Pariwisata di Kabupaten Malang.”Saya sangat apresiasi,”Ujar Bupati Sanusi saat menghadiri Perayaan Petik Laut Sendangbiru.

Sanusi menjelaskan Kegiatan petik laut sendangbiru ini selain menjadi tradisi masyarakat dusun Sendangbiru,juga telah menjadi agenda tahunan Pemkab Malang di bidang pariwisata.

“Kita berharap agenda Petik laut ini bertambah meriah pelaksanaannya, harapannya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmati berbagai destinasi wisata pantai yang juga tersebar di wilayah pantai sendangbiru ini.”Tambahnya.

Selain dari sisi pariwisata, Sanusi menilai hasil tangkapan ikan nelayan Sendangbiru sudah dikenal sebagai salah satu pemasok berbagai macam ikan skala regional dan nasional.

“Hasil tangkapan ikan disini (Sendangbiru) mampu memberikan sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang,makanya kita terus mendorong produksi tangkapan ikan di Sendangbiru semakin meningkat,”tandas Sanusi.

Bupati asal Gondanglegi ini juga berencana  akan memperbaiki akses jalan di Sendangbiru. Hal ini dilakukan untuk mempermudah jalur transportasi angkutan pengiriman ikan keluar daerah seperti yang dikeluhkan masyarakat selama ini.

“Kita akan perbaiki jalan di Sendangbiru untuk mempermudah angkutan pengiriman ikan keluar daerah,”tutur Sanusi.

Terkait peluang terhadap wacana pembangunan tol laut yang sempat dilontarkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selasa (17/9/2019) lalu , Sanusi mengaku sangat mendukung jika wacana tersebut benar-benar di realisasikan.

“Kami sangat mendukung jika hal itu terealisasi,tentunya hal itu akan langsung berdampak terhadap peningkatan perekonomian maayarakat pesisir selatan khususnya sendangbiru ini,”tutur Sanusi.

Usai memberikan sambutannya , Bupati Sanusi juga memberikan bantuan kepada KUD Mina Bahari berupa 1 unit perahu < 3gt dan peralatannya, 12 unit pancing gurita, 2 unit jaring monofilament 2,25,dan 3 unit fish finder.

Menariknya Bupati Sanusi bersama istri Hj.Anis Zaidah dan rombongan menyempatkan waktu berbaur dengan masyarakat naik perahu untuk ikut melarung hasil laut masyarakat nelayan sendangbiru.

(Gt)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.