PKH , Sulap Keluarga Miskin Jadi Keluarga Sejahtera

Malang,mitratoday.com-Keberadaan Pendamping Keluarga Harapan (PKH) dituntut tidak hanya menyalurkan berbagai bantuan bagi masyarakat miskin saja ,namun juga dituntut untuk melakukan pembinaan .

pendampingan serta mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk merubah status menjadi keluarga sejahtera melalui berbagai inovasi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang H.Nurhasyim SH.Msi menyebutkan hal ini perlu dilakukan untuk ikut mensukseskan program pengentasan kemiskinan ,agar tujuan program yang telah menjadi salah satu point sasaran pembangunan Pemkab Malang bisa terealisasi.

“Kita terus lakukan pembinaan PKH dan ini bentuk keseriusan Pemkab Malang menurunkan angka kemiskinan yang hingga saat ini sudah berkurang , sekitar 10,37 persen,”kata Nurhasyim kamis (7/11/2019).

Meski begitu lanjut Nurhasyim ,pihaknya menilai PKH diKabupaten Malang sudah berjalan sesuai koridor yang ditentukan ,artinya keberadaan lembaga bentukan Kemensos ini sudah bekerja dengan baik melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap KPM yang ada diKabupaten Malang.

Ia mencontohkan seperti yang terjadi di Kecamatan Pakis , banyak kemajuan yang dilakukan pasca pembinaan yang dilakukan terhadap KPM.

“Banyak KPM di Pakis yang sudah bangkit memulai berbagai usaha dengan berjualan berbagai produk olahan makanan dan minuman bahkan ada yang dikemas cukup apik dan dipasarkan lewat galeri IKM Kecamatan Pakis,ini juga tak lepas dari keseriusan PKH,melakukan pembinaan,”tukas mantan staf ahli bupati ini.

Kesuksesan tersebut menjadi sinyal positif keberhasilan mengentaskan kemiskinan yang terus intens digarap Pemkab Malang. “Jika usaha KPM ini sukses ,kan kita bisa mengalihkan berbagai bantuan ini ke KPM lainnya,”tandas Nurhasyim.

Nurhasyim mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Malang HM.Sanusi. Ia menilai Bupati Sanusi sebagai sosok yang terus intens menggarap penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Malang.

“Kita juga sangat terima kasih ke Pak Bupati, pasalnya beliau terus intens dan serius menggarap penurunan angka kemiskinan melalui terobosan yang dilakukan,bagi kami ini bentuk dukungan dan motivasi sehingga dengan dukungan tersebut kita getol menggarap kesejahteraan masyarakat melalui penurunan angka kemiskinan ini,”kata Nurhasyim

Bahkan Nurhasyim mengungkapkan ditahun 2020, Bupati Malang telah merencanakan bakal memplot setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab disetiap kecamatan untuk ikut menggarap pengentasan kemiskinan. “Setiap OPD nantinya disetiap kecamatan diminta ikut membantu program pengentasan kemiskinan melalui bidangnya masing-masing,” tutup Nurhasyim.

(GT)

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close