DaerahLampung

Plt Bupati Lamteng, Fokus Bantuan Warga Kurang Sejahtera

Lampung Tengah – Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan, serta TP PKK Kabupaten Lampung Tengah, mulai lakukan  kegiatan Operasi Pasar. Kadis Pasar Sarif kusen menjelaskan, pihaknya sudah mulai kamis lalu di Sendan Agung Kampung Sendang Mulyo dan langsung dibuka oleh  Plt. Bupati Lampung Tengah, Hi. Loekman Djoyosoemarto.

Dalam operasi pasar yang kita gelar kamis lalu kita menjual beberapa kebutuhan pokok pasar murah tersebut, seperti, terigu, minyak goreng, susu, mentega, telur, kemudian gula putih, dan beras.  Barang-barang tersebut telah disubsidi pemerintah daerah Lamteng, yaitu rat-rata Rp4.000 per kilogram, sehingga harganya menjadi lebih murah dari harga umum di pasaran,” katanya, Senin (7/5).

Adapun  tujuan dari adanya pasar murah tersebut adalah sebagai antisipasi kenaikan atau lonjakan harga barang. Selain itu juga untuk membantu atau meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, terutama menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H. Selain itu juga bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan daya beli masyarakat setempat.

“Tujuan diadakannya operasi pasar murah ini adalah dalam rangka menekan harga bahan pokok khususnya menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri, dengan harapan agar harga bahan pokok tersebut tidak melebihi dari harga eceran tertinggi,” jelasnya.

Masih dikatakannya bahwa pelaksanaan kegiatan operasi pasar atau pasar murah tersebut, berdeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini pihaknya memberikan kupon, dimana kupon tersebut diberikan dan diprioritaskan untuk para peserta PKH (Program Keluarga Harapan), yaitu masyarakat yang bisa dikatakan kurang sejahtera.

Syarief juga menyampaikan bahwa operasi pasar dari pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tersebut akan dilaksanakan di 16 titik, dan diawali dari Kecamatan Sendangagung pada tanggal 3 Mei 2018 dan akan berakhir nanti pada tanggal 4 Juni 2018 di Kecamatan Gunungsugih.

Melihat Respon dan antusias yang tinggi dari masyarakat di Kecamatan Sendangagungung terhadap kegiatan pasar murah tersebut, plt Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto,  menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar kegiatan pasar murah tersebut secara rutin dan berkelanjutan.

“Dengan harapan masyarakat dapat mendapatkan bahan pokok dengan harga yang murah dengan kwalitas yang baik, kemudian masyarakat khusunya mereka yang kurang sejahtera benar-benar dapat merasakan manfaatnya, sehingga dalam memasuki bulan suci Ramadhan mendatang, mereka benar-benar siap dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan tenang,” bebernya.

Sedangkan Camat Sendang Agung, Pur Sulistiyono, menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bupati Lampung Tengah beserta jajaran Pemkab Lampung Tengah yang telah berkenan menggelar pasar murah di kecamatannya.

Disampaikan bahwa sebanyak 3.000-an warga masyarakat di kecamatannya, mendapatkan kupon pasar murah tersebut, mereka umumnya adalah masyarakat dengan kategori kurang sejahtera, yang juga umumnya adalah peserta PKH.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Sendangagung , saya mengucapkan terimakasih, atas kegiatan pasar murah yang dilaksanakan di Kecamatan Sendangagung ini, yang tentu saja dapat menopang kebutuhan masyarakat kami khusunya dalam rangka menyambut dan memasuki bulan suci Ramadhan nanti, dan melihat respon dan antusias yang tinggi dari masyarakat, kami berharap agar kedepan dapat dilaksanakan kembali dan lebih ditingkatkan lagi volumenya serta dapat diperbanyak jenisnya,” pungkasnya.(Iswan)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button