Posyandu Balita dan Lansia di Masa PPKM Darurat Ditunda, Kecuali Urgen

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Pelayanan Posyandu untuk Balita dan Lansia di masa Pandemi Covid-19, Pada saat ini harus dikurangi kegiatannya guna menghindari adanya konsentrasi warga masyarakat berkumpul.

Kepala Puskesmas Srengat, Dr Pravita Rinanti
Kepala Puskesmas Srengat, Dr Pravita Rinanti

Begitu juga yang terjadi di Wilayah Kecamatan Srengat, Layanan Posyandu balita dan lansia di tiadakan. Kecuali yang sifatnya urgen, agar penyebaran virus Covid- 19 dapat ditekan.

Salah Satu Kegiatan Posyandu di wilayah Kecamatan Srengat
Salah Satu Kegiatan Posyandu di wilayah Kecamatan Srengat

Menurut Kepala Puskemas Srengat, Dr Pravita Rinanti kalau dimasa Pandemi seperti sebelumnya pelayanan posyandu dan lansia tetap di lakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Tapi dimasa sekarang lagi PPKM Darurat bukan Pandemi lagi, sementara ditunda dulu untuk Posyandu,kegiatan UKGM atau yang mengumpulkan masyarakat,” ujar Dr Pravita.

Kecuali kegiatan yang sifatnya urgen, misalkan vaksinasi balita atau vaksinasi Covid. Jadi imunisasi untuk anak-anak balita itu dilaksanakan, namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jadi bukan posyandu secara umum, tapi hanya yang urgen yaitu imunisasi balita.

“Sedangkan pelaksanaannya anak-anak yang mau diimunisasi diundang ke Polindes atau Pustu masing-masing Desa. Biasanya jumlahnya tidak banyak cuma sedikit,tidak lebih dari 20 orang. Tergantung jadwal vaksin balita, misalnya hari ini kita vaksin untuk Pentadio, jadi yang terjadwal saja,” jelas Dr Pravita.

Dimasa PPKM Darurat posyandu balita dan posyandu lansia yang mengumpulkan banyak orang ditunda dulu,”kita tunda dulu sampai menunggu situasi aman. Sedangkan Lansia yang sudang di vaksin lumayan banyaknya, karena nambah terus,”tandas Dr Pravita.

Dimasa pandemi seperti ini, Dr Pravita Rinanti berharap semua harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik ibu-ibu dari balita,dijaga semua keluarganya.

“Protokol kesehatan, jangan lupa di pakai masker, sekarang juga masker Doble ya. Karena sekarang virus sudah seperti ini,”tutur Dr Pravita.

Juga jangan berkerumun dulu,jaga kesehatan kondisi keluarga. Jika ada gejala atau keluhan segera secepat mungkin periksakan diri, jangan dibiarkan dirumah. Segera periksakan diri,”tegas Dr Pravita.

Selanjutnya Dr Pravita juga mengingatkan kepada ibu-ibu balita, jika balitanya sudah waktunya imunisasi, bisa menghubungi Polindes, dan Pustu terdekat atau bidan Desa terdekat.

“Sedangkan untuk posyandu lansia sangat beresiko, dirumah saja tidak usah kemana-mana. Mentaati protokol kesehatan,jaga daya tahan tubuh, tidak usah melakukan kegiatan yang bertemu banyak orang, jaga kondisi. Itu yang pertama dimasa Pandemi,” terang Dr Pravita Rinanti Kepala Puskesmas Srengat menutup wawancaranya dengan Mitratoday.com.(Adv-Kmf).

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close