BENGKULUBengkulu UtaraDaerahEkonomi BisnisHeadline

Produksi Ikan Bengkulu Utara Menukik Tajam

Bengkulu,mitratoday.com – Produksi ikan Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, mengalami penurunan. Wawasan pengetahuan petani terkait budidaya ikan digadang menjadi penyebab turunnya salah satu sektor andalan di Bumi Ratu Samban, Kamis 12 Mei 2022.

Penurunan produksi mulai dirasakan sejak akhir Tahun 2021 hingga saat ini. Mulai dari 30 hingga 40 persen, produksi ikan menukik tajam dari 700 menjadi 400 Ton perbulan.

“Kurangnya wawasan sumber daya dari petani ikan minim tentang bagaimana cara menanggulangi penyakit dan persiapan tebar benih saat budidaya ikan dimulai,” kata Kusyayin salah satu pengepul ikan di kawasan Minapolitan.

Saat ini, dalam satu malam petani hanya mampu menghasilkan 15 ton, dari jumlah Tahun-Tahun sebelumnya pada puncak 17 hingga 20 Ton permalam. Meski harga ikan stabil, penurunan hasil produksi ini bertolak belakang dengan kenaikan harga pakan. Harga nutrisi ikan air tawar meroket hingga 9 ribu rupiah per karung. Kenaikan pakan bahkan telah terjadi dua kali dalam satu Tahun ini.

Untuk diketahui, pada puncak hasil produksi ikan beberapa Tahun lalu, Bengkulu Utara mampu menyuplai untuk wilayah di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Sumatera Barat. Tak hanya wilayah Sumatera, ikan air tawar Kawasan Minapolitan mampu melayani hingga Pulau Jawa, Makasar hingga Papua.

“Pengiriman ikan kita sempat ke Pulau Jawa, Makasar hingga Papua, tapi karena produksi tidak stabil kita tidak mampu untuk memenuhi permintaan secara terus menerus,” tutup Kusyayin. (Ismail Yugo)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button