DaerahMalang

Program Bersih Indonesia Resmi Diluncurkan, Kabupaten Malang Terima Hibah Senilai 29 Juta U$D

Malang,mitratoday.com-Program Bersih Indonesia resmi diluncurkan di Kabupaten Malang pada hari Rabu (18/5/2022). Program Bersih Indonesia itu sendiri adalah kolaborasi sebuah nirlaba The Alliance to End Plastic Waste dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) serta Pemkab Malang yang bertujuan untuk meminimalisasi sampah plastik di Kabupaten Malang karena bakal dijadikan sebuah lahan industri baru bagi warga Kabupaten Malang.

Alhasil Kabupaten Malang bak mendapat durian runtuh lantaran menjadi daerah yang ditunjuk untuk menerima bantuan hibah berupa bangunan unit pengolah sampah plastik senilai sekitar 29 juta U$D atau setara Rp 406 miliar.

Rencananya kedua bangunan tersebut bakal didirikan di TPA Talangagung dan TPA Paras Poncokusumo.

Bupati Malang HM.Sanusi mengatakan bantuan hibah ratusan miliar tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap keseriusan Pemkab Malang untuk terus berbenah menata dan membangun Kabupaten Malang yang lebih maju terutama dibidang Lingkungan Hidup.

“Bagi Kabupaten Malang ini sebuah keuntungan tersendiri, selain bentuk perhatian pemerintah pusat , nantinya akan ada 3 ribu pekerja yang dilibatkan. Sehingga selain mengurangi angka pengangguran juga meningkatnya perekonomian masyarakat Kabupaten Malang,”kata Sanusi.

Pemerintah Kabupaten Malang sendiri lanjut Sanusi sudah menyediakan lahan seluas dua hektar di TPA Talangagung dan TPA Paras untuk membangun industri pengolahan sampah plastik tersebut, sementara Alliance sebagai pihak pemberi hibah yang akan membangun industri pengolahan sampah plastik tersebut.

Selain lahan , nantinya Pemkab Malang tutur Sanusi juga bakal membuat regulasi berupa Perda larangan buang sampah sembarangan dan pemilahan sampah menjadi tiga jenis yakni sampah plastik , metal dan organik. Hal sama terang Sanusi juga berlaku bagi kendaraan roda tiga yang akan mengangkut sampah juga akan dibedakan kedalam tiga jenis sampah tersebut.

Harapannya lanjut Sanusi, Kabupaten Malang menjadi daerah bebas sampah plastik atau Nol Sampah Plastik.( Sigit )

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button