DaerahHeadlineMalang

Program TMMD 2021 Resmi Berakhir, Kodim 0818 Malang/Batu Serahkan Hasil Capaian Kerja ke Pemkab Malang

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 tahun 2021 di desa Tulungrejo Ngantang resmi berakhir, dengan ditandai penyerahan hasil kerja selama sebulan berlangsung oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Letkol Inf Yusub Dody Sandra kepada Bupati Malang HM.Sanusi di Pendopo Pemkab Malang kamis (14/10/2021).

Yusub Dody Sandra mengaku bersyukur bahwa program rutin TNI AD tersebut bisa diselesaikan tepat waktu. Hal ini kata Yusub, berkat kekompakan Forpimda Kabupaten Malang, terutama Pemkab Malang yang memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan TMMD 2021.

“Alhamdulillah selain dukungan Pemkab Malang dan Forpimda Kabupaten Malang, peran masyarakat untuk ikut andil dalam pelaksanaan TMMD ini sangat besar,”kata Letkol Yusub Dody Sandra.

Hal ini, lanjut Yusub, menunjukkan kompaknya persatuan, sinergi dan kolaborasi yang apik sehingga program TMMD kali ini berjalan dengan baik dan tepat waktu.

Pemkab Malang dan seluruh elemen masyarakat, lanjut Yusub Dody Sandra, terbukti, selama 30 hari pelaksanaan TMMD, terus bergotong royong dan kompak, untuk menyukseskan TMMD ke 112 tahun 2021 ini.

“Apa yang kita lakukan ini semoga memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Tulungrejo Ngantang. Program TMMD ini, kan memberikan kesempatan membantu daerah-daerah yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses pembangunan yang layak. Selain itu, Kegiatan TMMD ini kan semacam spirit untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong serta kebersamaan TNI dengan masyarakat,”tandas Yusub Dody Sandra.

Selama 30 hari pelaksanaan TMMD ini, beber Yusub Dody Sandra, banyak program yang berhasil dituntaskan, diantaranya pembangunan 47 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Warga miskin, Pembangunan Musholla, drainase, jamban sehat (MCK) tandon air, serta peningkatan jalan desa.

Sedangkan program non fisik, ujar Yusub adalah dengan mengadakan sosialisasi, pembinaan dan pelatihan untuk menambah pengetahuan masyarakat Desa Tulungrejo.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada TNI yang telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat secara langsung lewat program TMMD ini.

Lewat TMMD terang Sanusi, menjadi bukti bahwa selama ini kontribusi TNI untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Malang sangat besar.

“Selain kontribusi, lewat TMMD ini kan menjadi ajang pembuktian bahwa selama ini sinergi dan kolaborasi Pemda,TNI dan Polri serta Forpimda lainnya sangat kompak,”tutur Sanusi.

Menurutnya, banyak yang dihasilkan melalui Program TMMD, selain menggarap berbagai pekerjaan fisik, juga memberikan edukasi dan sosialisasi pemahaman dan wawasan kebangsaan. Sehingga masyarakat akan semakin mengerti akan arti semangat kebersamaan dan gotong royong membangun desanya.

“Semangat persatuan dan kesatuan lah yang menjadi makna sesungguhnya pada pelaksanaan Program TMMD ini, semoga membawa manfaat yang banyak bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang khususnya warga desa Tulungrejo Ngantang,”pungkas Sanusi.

TMMD ke 112 tahun 2021 ini diselenggarakan sejak 15 September hingga 14 Oktober 2021. Dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” TMMD 2021 tersebut diselenggarakan di desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang dengan menelan biaya sekitar Rp 4,7 miliar selama 30 hari pelaksanaan.program TMMD dengan melibatkan sekitar 150 personil TNI dan dukungan Pemkab Malang, TNI AU, Polri serta Kodam V Brawijaya dan Madivif 2 Kostrad.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button