DaerahHeadlineTangerang

PUB Kabupaten Tangerang Visit to Baduy

Pewarta : Anwar Ota

Tangerang,mitratoday.com-Berlokasi di desa kanekes kecamatan Leuwidamar kabupaten Lebak Banten, Sabtu (25/09/). HJ.Aida Hubaedah S. E, M. M atau dijuluki ARP Aida Ratu Pantura beserta jajaran anggota dan pengurus PUB kabupaten Tangerang berkunjung ke wisata Baduy dalam rangka   mempromosikan “Budaya Baduy Banten” bersama Gaido foundation yang di gawangi oleh ki Hasan Gaido sebagai bendahara umum PUB Banten.

Acara ini untuk memperingati hari wisata nasional yang jatuh pada tanggal 27 september 2021. Hadir  diantaranya Dedy Miing Gumelar, Muhammada Hasan Gaido, kadis Pariwisata  provinsi Banten M. Agus Setiwan dan jaro Saija tokoh adat Baduy.

Acara yang di pandu A. Yani, aktivis budaya Baduy ini berjalan sangat tertib dengan menjalankan prokes dilokasi acara. Jaro Saija tokoh masyarakat Baduy menyampaikan paparan mengenai Budaya masyarakat Baduy yang masih memegang teguh adat dan istiadat yang kuat memegang amanah para leluhur dalam menjalankan nilai adat dan kebiasaan yang sampai hari ini masih dijalankan. Meskipun di luar sana budaya modernisasi terus merambah disegala bidang.

“Inilah budaya masyarakat Baduy yang sangat amanah menjalankan nilai-nilai luhur sampai turun temurun. ” Ujar Jaro

Ditempat yang sama Dedy Miing Gumelar yang merupakan mantan anggota dewan DPR RI komisi X yang membidangi pariwisata dan budaya mengatakan bahwa Baduy adalah masyarakat Banten yang secara historis memegang adat istiadat yang kuat sampai saat ini, mereka bercocok tanam dengan media tepat guna, mereka juga pengrajin dengan khas kain tenun yang mempunyai nilai jual yang ekonomis.

Tugas kita adalah bagaimana menciptakan merek (Brand) agar masyarakat Baduy bisa dikunjungi oleh masyarakat luar dan membeli kerajinan mereka sehingga perputaran ekonomi bisa merata di tengah masyarakat Baduy,” Ujar Dedy

Pernyataan inipun diamini oleh Hasan Gaido selaku bendahara umum DPP PUB Banten.

” Saya mahfum, hal tersebut perlu dilakukan agar ragam budaya dari masyarakat Baduy tetap terjaga serta menciptakan iklim yang kondusip disektor pariwisata” Ucapnya.

Perkumpulan Urang Banten (PUB) kabupaten Tangerang yang dikomandoi oleh Hj. Aida Ratu Pantura berbaur dengan rombongan peserta dari daerah lain dengan satu tujuan agar masyarakat Baduy sebagai destinasi wisata yang tentunya arus di suport oleh berbagai pihak.

“Dengan melihat dan mengunjungi masyarakat Baduy tentunya ada beberapa akses yagg perlu diperhatikan diantaranya akses jaln yang masih rusak serta pembenahan disegala sektor agar percepatan wisata Baduy bisa secepatnya teratasi”. Tegasnya

Ia juga membahkan bahwa kedatangan wasatawan lokal juga sangat penting demi pwrcepatan wisata baduy.

“Jangan ngaku orang banten kalau belum berkunjung kewisata Baduy Banten,” Ujarnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: