Daerahjawa Timur

Putaran Keenam Safari Ramadhan, Rendra Sambangi Pesantren Az-Zainy Tumpang

MALANG, mitratoday.com – Putaran keenam safari ramadhan pemerintah Kabupaten Malang , di lakukan bupati Malang Rendra Kresna dengan menyambangi pesantren rehabilitasi mental Az Zainy desa Pandanajeng Kecamatan Tumpang senin malam (4/6).

Didampingi wakil bupati HM Sanusi dan seluruh kepala Operator Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang , Rendra di sambut langsung oleh pengasuh pesantren Az Zainy, KH Zain Baik. Kegiatan safari ramadhan ini di awali dengan berbuka bersama di lanjutkan dengan sholat taraweh bersama hingga di lanjutkan dengan pengajian yang di ikuti seluruh warga masyarakat desa Pandanajeng.

Dalam sambutannya, Rendra mengatakan banyak hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil di pesantren Az Zainy ini. Menurut Rendra yang mengaku sudah tujuh kali menggelar safari ramadhan di pesantren ini, hikmah yang dapat di ambil yakni kemandirian pengasuh dalam mengelola dan mengasuh santri yang di dominasi pasien gangguan mental ini.

“Kita patut mencontoh metode dan cara Gus Zain dalam membimbing santri gangguan mental yang memiliki karakter berbeda, padahal hal ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah , namun Gus Zain ikhlas mengasuh dan membesarkan pesantren ini tanpa bantuan dari pemerintah,”ujar rendra.

Pelajaran lainnya, tambah Rendra, dalam setiap pengajian dan dzikir yang di asuh oleh pengasuh pesantren senantiasa di hadiri oleh pendeta , pastur dan pemeluk agama lainnya.

“Hal ini terasa menyejukan, karena menunjukkan kerukunan, toleransi dan sikap saling menghormati antar umat beragama, hal ini tidak kita dapati di negara manapun selain hanya di Indonesia. Meskipun berbeda keyakinan tapi tetap menjaga kerukunan, ini adalah pelajaran berharga bagi seluruh anak bangsa,”imbuh Rendra.

Semua pelajaran berharga yang di dapatkan dari pesantren Az Zainy ini, sambung Rendra harus diadopsi oleh seluruh elemen mulai pemerintah, ulama, dan pemuka agama lainnya serta masyarakat untuk di jadikan pembelajaran dalam hidup bermasyarakat.

“Jika semua dapat terwujud kita yakin Kabupaten Malang khususnya dan bangsa Indonesia akan damai,”tutup Rendra.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button