AdvertorialBlitarDaerahHeadline

Rapat Paripurna DPRD, Agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ Bupati Blitar Tahun 2021

Blitar,mitratoday.com – Di hadiri 40 anggota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kbupaten Blitar pada Kamis 07 April 2022 menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap LKPJ Bupati Blitar Tahun 2021.

Rapat paripurna di pimpin langsung oleh ketua DPRD, Suwito Saren Satoo dengan di hadiri seluruh pimpinan, Bupati, Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, dan lainnya.

“Selain rapat paripurna tentang Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap LKPJ Bupati Blitar Tahun 2021, juga Pembacaan Keputusan Pimpinan DPRD tentang Susunan Kepemimpinan dan Keanggotaan.” Kata Suwito.

Suwito menjelaskan, bahwa jumlah anggota dewan yang datang terdiri dari Fraksi PDI-P hadir 13 anggota 19 anggota, Fraksi PKB hadir 8 dari 9 anggota, Fraksi PAN hadir 7 anggota dari 7 anggota, Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN) hadir 8 dari 10 anggota, dan Fraksi Golkar Demokrat hadir 4 anggota dari 5 anggota.

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi PKB, Sandra Purnama saat penyampian pandandan fraksi mengatakan, ada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Blitar sebesar 129,76 %. Jumlah ini mencapai Rp 408.526.794.549,-, sementara untuk pendapatan transfer yakni mencapai 102,06 % yakni, Rp 1.966.462.1082.

“Fraksi PKB sangat mengeapresiasi capaian Pemerintah Kabupaten Blitar baik Bupati, Wakil Bupati Blitar dan OPD yang bekerja,” ungkap Candra. 

Dijelaskannya, bahwa ada tujuh kali refokusing anggaran selama 2020 yang digunakan untuk penganganan Covid-19 di Kabupaten Blitar. Ini sesuai dengan Perbup Nomor 88 tahun 2020 sebelum ada perubahan APBD 2021 melalui Perbub nomad 61 tahun 2021  dan Perda Kabupaten Blitar Nomor 3 tahun 2021.  

Meski ada peningkatan capaian PAD dan transfer, Fraksi PKB menilai bahwa kebijakan pemerintah dari pusat hingga daerah adalah penanganan Pandemi Covid-19. Meski demikian, harus ada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Blitar. 

Menurut Fraksi PKB dengan pembangunan SDM dapat menanggulangi kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Blitar. Selain itu, Fraksi PKB juga memandang adanya realisasi reabilitais 821 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Blitar. 

ada peningkatan kunjungan di 17 destinasi wisata di Kabupaten Blitar. Jumlah wisatawan yang datang ke destinsi wisata di Kabupaten Blitar menunjukan angka yang meningskat, meski dalam keadaan pandemi. Jumlah wisatawan yang datang yakni dari tareget 1.609.337 kunjungan wisatawan menjadi 1.641.541 kunjungan. 

Ini sebagai bentuk adanya peningkatan daya saing di sektor potensi di Kabupaten Blitar. “Ini data mengembalikan kepercayaanb pasar yang sampat lesu,” tegasnya.(Adv-Novi).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button